Menpora minta kemelut atlet Sumbar segera diselesaikan

id Imam Nachrawi, atlet angkat berat, Sandra Diana Sari, Family Barbel, koni, bonus atlet

Menpora minta kemelut atlet Sumbar segera diselesaikan

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (ANTARA)

Padang (Antarasumsel.com) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nachrawi meminta kemelut atlet angkat berat Sumatera Barat, Sandra Diana Sari segera diselesaikan oleh pemerintah provinsi itu sehingga tidak mengganggu konsentrasi atlet dalam berlatih.

"Kami telah mempertemukan pihak terkait untuk mencari solusi dari persoalan ini, tidak ada niat dari pemerintah untuk membiarkan potensi yang dimiliki atlet sia-sia," kata dia saat mengunjungi tempat latihan Sandra Diana Sari di Family Barbel, Padang, Minggu.

Ia menambahkan persoalan pemberian anggaran yang terjadi antara pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dengan offisial Sandra Diana yang menyebabkan atlet peraih medali Emas Kejuaraan Asia itu mengumpulkan uang receh ke jalanan.

Imam Nachrawi menyebutkan persoalan pemberian anggaran tentu harus melalui mekanisme yang jelas dan sesuai dengan aturan.

Setiap cabang olahraga tentu memiliki atlet-atlet berprestasi yang harus didukung melalui pembiayaan. Namun dalam hal ini pemerintah belum mampu untuk memenuhi.

"Untuk itu pengurus bisa memberdayakan sponsor atau masyarakat untuk memfasilitasi pendanaan  yang diperlukan oleh atlet tersebut," sebutnya.

Ia juga meminta jangan ada politik lain dalam persoalan inoi, apabila memang bertujuan untuk memajukan prestasi atlet tentu hal itu dilakukan dengan bersungguh-sungguh.

"Apabila atlet ini sudah mampu berprestasi pada iven-iven Internasional seperti Sea Games, Asian Games dan multi iven lainnya baru menjadi tanggungjawab dari Kemenpora, selain itu diserahkan kepada daerah masing-masing," kata dia.

Menurut dia persoalan yang dialami oleh KONI dengan Ofisial Sandra baru pertama kali terjadi sehingga dirinya datang untuk melihat secara rinci persoalan yang terjadi,

"Kita ingin semua berjalan dengan baik agar para atlet bisa menghasilkan prestasi yang membanggakan," tambahnya.