Jumat, 20 Oktober 2017

Tiga pemain andalan Sriwijaya FC cedera

id Yanto Basna, Maldini Pali, Hilton Moreira, Oswaldo Lessa, Sriwijaya FC, cedera ringan
Tiga pemain andalan Sriwijaya FC cedera
Pesepak bola Persib Bandung Tantan (kedua kanan) bertabrakan dengan pesepak bola Sriwijaya FC Yanto Basna (kanan) pada pertandingan. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/Lmo/kye/17)
Palembang (Antarasumsel.com) - Tiga pemain andalan Sriwijaya FC mengalami cedera sehingga diperkirakan bakal mengganggu performa tim saat bertamu ke kandang Persela Lamongan, Kamis (1/6) untuk melakoni laga pekan ke-9 Go-Jek Traveloka Liga 1.

Pelatih Sriwijaya FC Oswaldo Lessa di Palembang, Minggu, menyebutkan, tiga pemain yang cedera itu yakni pemain belakang Yanto Basna mengalami cedera engkel, Maldini Pali cedera hamstring, dan striker Hilton Moreira juga mengalami cedera engkel.

"Ini tentunya menyulitkan karena tiga pemain selalu masuk line up," kata Oswaldo.

Untuk itu, pelatih asal Brasil ini telah meramu taktik dan strategi baru mengantisipasi jika ketiga pemain tidak dapat diturunkan.

Menurutnya, barisan pemain pelapis harus siap jika suatu saat akan berperan menggantikan.

"Siapa pun harus siap jika diturunkan," kata mantan assisten pelatih Jacksen F Tiago ini.

Sriwijaya FC dihadapkan persoalan pelik atas cederanya sejumlah pemain andalan. Kondisi ini sudah terlihat saat menjamu Madura United, Sabtu (27/5) di kandang sendiri. Laskar Wong Kito gagal meraih poin maksimal setelah ditahan imbang 0-0 Madura United.

Salah satu penyebabnya yakni cedera yang membekap pemain sehingga penampilan tim menjadi tidak maksimal.

Keadaan ini semakin menyulitkan karena pemain marquee player Tijani Belaid juga belum prima 100 persen kemampuan fisiknya.

"Mau tak mau saya harus putar otak untuk mengatasi masalah ini. Ini bukan masalah ganti formasi tapi lebih sulit lagi, yakni ganti pemain," kata dia.

Sejauh ini ia mengakui bahwa kualitas pemain Sriwijaya FC masih berjarak antara pemain muda dan pemain senior. Oleh karena itu, perlu kepiawaian untuk meramunya apalagi dalam suatu kompetisi dipastikan akan ada rotasi pemain terkait cedera dan hukuman akumulasi kartu.

"Rotasi pemain itu dilakukan karena kebutuhan tim, bukan agar seluruh pemain kebagian main," ujar Oswaldo.

Hingga kini Oswaldo mengakui bahwa dirinya masih mencari formasi ideal tim untuk mengombinasikan antara pemain muda dan senior.

Sementara ini Sriwijaya FC berada pada urutan 8 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 11 angka, setelah sebelumnya sempat merangsek pada papan atas tepatnya urutan ke-4.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga