Pertokoan pusat Kota Palembang dianjurkan jual cenderamata

id Isnaini Madani, Dinas Pariwisata, kunjungan wisata, tuan rumah, Asian Games, cenderamata

Pertokoan pusat Kota Palembang dianjurkan jual cenderamata

Isnaini Madani. (Antarasumsel.com/Aziz Munajar/17)

Palembang (Antara) - Pemilik pertokoan di Jalan Jenderal Sudirman, pusat Kota Palembang dianjurkan oleh pemerintah setempat menjual cenderamata khas daerah untuk memanfaatkan momen Asian Games XVIII/2018.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani di Palembang, Senin mengatakan, telah mengunjungi satu per satu toko di Jalan Sudirman itu untuk membujuk agar para pemilik mau menjual suvenir dan beragam cenderamata khas daerah.

"Sebagaian besar toko di kawasan Sudirman merupakan menjual suku cadang kendaraan, restoran, dan lainnya. Hampir tidak ada yang menjual suvenir khas daerah, tentunya ini suatu kerugian karena nanti Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games," kata Isnaini.

Untuk itu, pemkot mengajak pemilik toko untuk memanfaatkan momen ini. Salah satunya dengan cara mengubah sedikit desain bagian dalam toko.

Pemkot Palembang telah memiliki beberapa contoh desainnya, kata Isnaini.

"Bisa saja diubah, barang-barang suku cadang dijual di bagian dalam. Sedangkan untuk bagian depan, space sekitar 1 meter hingga 1,5 meter untuk menjual sovenir," kata Isnaini.

Menurutnya, hal ini justru menguntungkan karena pedagang dapat menangkap peluang baru. Apalagi, kawasan Sudirman saat ini sudah diproyeksikan sebagai kawasan wisata.

Kawasan yang kini akrab disebut Sudirmanwalk ini kini hidup pada malam hari dari pukul 18.00-24.00 WIB karena terdapat beragam atraksi seniman setempat.

"Justru ini sangat menguntungkan bagi pemilik toko, pagi hingga sore berjualan onderdil, sore hingga malam jual sovenir," kata dia.

Sektor pariwisata digenjot pertumbuhannya menjelang Asian Games tahun 2018. Salah satu yang dilakukan pemkot yakni membuka destinasi wisata baru yakni SudirmanWalk yang berkiblat dengan kawasan wisata Orchard di Singapura.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin sejak lama meminta pemkot membenahi kawasan pusat kota ini karena pada malam hari nyaris tidak ada kegiatan.

"Karena toko-toko sebagian besar jual suku cadang, jelas saja pada malam hari jadi sepi. Padahal Jalan Jenderal Sudirman ini merupakan pusat kota. Apa yang dilakukan pemkot ini patut diapresasi dan diharapkan warga memberikan dukungan," kata Alex pada suatu kesempatan.