Minggu, 22 Oktober 2017

Destinasi wisata Palembang mulai diminati

id wisata, wisatawan, Ferrani Travel , SEA Games, Kompleks Olahraga Jakabaring
Destinasi wisata Palembang mulai diminati
Cuaca cerah di sekitar Jembatan Ampera yang berdiri kokoh di atas Sungai Musi Palembang. (Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)
Palembang (Antarasumsel.com) - Salah seorang pemilik jasa biro perjalanan asal Jakarta mengatakan destinasi wisata Kota Palembang mulai diminati para wisatawan dalam negeri layaknya kota-kota di Sumatera seperti Padang dan Medan.

Ferra, pemiliki Ferrani Travel di Palembang, Senin, mengatakan, belum lama ini ia membawa sekitar 50 orang mahasiswa dan dosen dari Jakarta untuk berkunjung ke Palembang selama tiga hari.

"Biasanya, untuk Pulau Sumatera, sebagian orang maunya ke Danau Toba di Sumatera Utara atau ke Rumah Gadang di Padang. Tapi, sejak tahun ini saya mendapatkan permintaan yang cukup unik, yakni ingin mengunjungi Kota Palembang," kata Ferra.

Ia mengatakan Kota Palembang mulai diminati karena kerap menggelar beragam agenda olahraga internasional seperti SEA Games dan Islamic Solidarity Games. Dan dalam waktu dekat akan menggelar Asian Games, yakni tepatnya pada tahun 2018.

Para wisatawan dalam negeri ini mengatakan sangat tertarik untuk melihat langsung Kompleks Olahraga Jakabaring yang telah menjadi destinasi wisata olahraga.

Menurut Ferra, keunggulan Kota Palembang dari sektor "sport tourism" ini luar biasa karena di Indonesia belum ada kota yang mampu menggarapnya.

Hanya saja, ia mengamati masih perlu pembenahan di sana-sini karena sebagian besar wisatawan tidak hanya ingin berwisata alam atau sejarah, tapi juga ingin melakukan hal lain seperti wisata belanja dan wisata kuliner.

"Perlu dikemas lagi agar lebih bagus dan wisatawan betah berlama-lama di Palembang. Dari sisi makanan, sungguh berkelas dan tidak ada duanya, tapi dari sisi wisata belanja perlu dibuatkan suatu tempat yang bisa berbelanja murah meriah seperti halnya di Bali, Bandung, Yogyakarta, dan kota-kota wisata lainnya," kata dia.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Palembang terus meningkat sejak kota ini menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2011.

Hanya saja, perlu upaya serius untuk lebih meningkatkannya. Oleh karena itu, pada 2017, pemkot bekerja sama dengan asosiasi biro perjalanan Asita meluncurkan paket wisata murah dan hemat "Palembang Fun" seharga Rp899.000/orang untuk menginap selama dua malam di Palembang.

Selain itu, pemkot pada 2018 akan meluncurkan program tahun kunjungan wisata.

"Sebenarnya direncanakan tahun ini, tapi tidak memungkinkan karena Kota Palembang masih semeraut terkait pembangunan infrastruktur penunjang Asian Games. Tapi tahun depan, dirasa sudah pas dan diperkirakan akan banyak wisatawan yang datang," kata Isnaini.

Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

Kota Palembang menargetkan jumlah wisatawan dalam negeri menembus angka 1,2 juta jiwa, sedangkan untuk wisatawan manca negara 12.000 orang. Target ini cukup tinggi jika dibandingkan capaian tahun 2016 yakni 900.000 orang wisatawan dalam negeri dan 9.000 wisatawan manca negara.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga