Pembangunan Rel Ganda penyebab kabel Telkom putus

id rel, rel ka

Pembangunan Rel Ganda penyebab kabel Telkom putus

Pembangunan rel ganda diduga penyebab kabel Telkom purus (Antarasumsel.com/Edo Purmana/17)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Pembangunan rel kereta api dua jalur di wilayah Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kabupaten Ogan Komering Ulu tampaknya menimbulkan permasalahan baru, karena areal sekitar pembangunan sedang ditimbun tanah merah diduga menyebabkan kabel PT Telkom terputus.

"Sudah tiga hari siaran televisi di rumah saya hilang, sedangkan telepon sama sekali tidak bisa dipergunakan," ujar Syera (33) warga Perumahan Pemda yang menggunakan layanan komunikasi milik Telkom Group Indihome di Baturaja, Senin.

Menurut dia, semula mengira ada kerusakan jaringan tertentu menyebabkan tidak dapat menggunakan layanan Indihome secara maksimal, namun keterangan dari salah seorang tekhnisi Indihome di lapangan menyebutkan gangguan jaringan itu disebabkan karena pembangunan rel kereta api dua jalur PT KAI yang saat ini sedang berlangsung di wilayah Kemelak.

Menurut tekhnisi indihome hal itu disebabkan karena jaringan kabel terkena galian pelebaran jalan kereta api, jadi kabelnya tertimbun tanah.

Jon (50) selaku tekhnisi Indihome saat ditemui di kantor Telkom Baturaja menjelaskan, pihaknya sudah mengupayakan agar jaringan di wilayah Kemelak berfungsi dengan baik, namun karena jaringan kabel milik Telkom yang ikut tertimbun galian tanah merah menyebabkan kabelnya putus.

Menurut dia, pihak Telkom akan berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan permasalahan ini.

Sementara Humas PT KAI, Franoto Wibowo saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya sedikit bingung dengan adanya jaringan kabel milik Telkom yang berada di areal milik PT KAI.

Franoto ingin memastikan terlebih dahulu apakah hal itu memang benar disebabkan oleh Pembangunan rel kereta api dua jalur atau ada penyebab lain.

"Apa hubungannya dengan Indihome, letak kabelnya dimana tepatnya, kok ada kabel jaringan indihome di tanah PT KAI," katanya.