Minggu, 24 September 2017

PDPDE sudah sumbang PAD Sumsel Rp97,2 Miliar

id Alex Noerdin, pad, Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi, PT PDPDE Hilir, PT Pirantinusa Energi Persada, PT PDPDE Duabelas, PT PDPDE gas, PT CNG h
PDPDE sudah sumbang PAD Sumsel Rp97,2 Miliar
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Antarasumsel.com/Feny Selly)
Palembang (Antarasumsel.com) - Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi yang didirikan tahun 2000 dengan modal hanya Rp150 juta, sampai saat ini sudah menyumbang pendapatan asli daerah kepada pemerintah provinsi Sumsel sebanyak Rp97,2 miliar.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin menyampaikan hal itu terkait dengan raperda tentang perubahan bentuk badan hukum Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) menjadi PT Sumsel Energi Gemilang di Palembang, Senin.

Menurut dia, pendapatan perusahaan terdiri atas pendapatan usaha dan pendapatan lain-lain.

Di antara pendapatan tersebut sebesar Rp6,4 miliar adalah participating interest dari blok Rimau, katanya.

Ia mengatakan, dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan PDPDE telah melakukan berbagai agreement dan perkembangan bisnis antara lain farm-out agreement dengan PT Medco E&P Indonesia yang ditandatangani 2 September 2003, sampai sekarang PDPDE mendapatkan participating interest sebesar lima persen.

Kemudian gas sales agreement dengan PT Medco E&P Indonesia pada 4 Agustus 2009 dan gas sales agreement dengan JOB Pertamina Talisman Jambi Merang 20 Mei 2012 dan gas sales agreement dengan Medco E&P Indonesia 10 Agustus 2011.

PDPDE juga telah mengembangkan bisnis melalui anak perusahaan seperti pembentukan PT PDPDE konsultan, PT PDPDE Hilir, PT Pirantinusa Energi Persada, PT PDPDE Duabelas, PT PDPDE gas dan PT CNG hilir raya, ujarnya.

Ia menyatakan, mengenai kontribusi yang dapat dikembangkan adalah pembangunan pembangkit listrik tenaga surya 2MW di Jakabaring, pembangunan pembangkit listrik tenaga minihidro 1,2 MW di Sungai Kambas Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Selanjutnya pembangunan pembangkit listrik tenaga mesin gas 10 MW di Pendopo Kabupaten Pali dan pembangunan pipanisasi gas Palembang-Tanjung Api-Api dan Muntok (kepulauan Bangka), katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga