Rabu, 23 Agustus 2017

Bupati: Masyarakat jaga kesucian bulan Ramadhan

id Kuryana Azis, bulan Ramadhan, ibadah puasa, khusyukan umat muslim, dikotori dengan kemaksiatan
Bupati: Masyarakat jaga kesucian bulan Ramadhan
Kuryana Azis (Antarasumsel.com/Edo Permana)
Baturaja (Antarasumsel.com) - Bupati Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan Kuryana Azis meminta kepada masyarakat di daerahnya agar menjaga kesucian bulan Ramadhan, sehingga umat muslim dapat melaksanakan ibadah puasa dengan khusyuk.

"Tolong kepada seluruh pihak agar menjaga khusyukan umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa," kata Kuryana di Baturaja, Selasa.

Ia berharap, kesucian bulan Ramadhan hendaknya tidak dikotori dengan kemaksiatan, seperti tempat hiburan malam, warung remang-remang dan tempat lainnya yang dapat mengganggu umat muslim beribadah supaya dihentikan.

"Tempat hiburan dihentikan dulu operasinya selama Ramadhan bila perlu tutup total," katanya.

Selain itu Kuryana juga mengingatkan agar masyarakat tidak menyalakan petasan, karena hal ini dapat mengganggu jalannya ibadah puasa.

Selain itu petasan ini masih dapat membahayakan dan memicu kebakaran.

Untuk itu ia meminta kepada seluruh masyarakat agar mengingatkan keluarganya yang suka menyalakan petasan.

"Apa lagi main petasan di dekat masjid jangan lakukan hal itu, di masjid umat muslim melaksanakan ibadah taraweh dapat terganggu, bahaya lagi kalau ada yang jantungan bisa berakibat fatal," jelasnya.

Demi menjaga kerukunan antar umat beragama, Kuryana mengimbau kepada umat non muslim untuk dapat menghormati umat muslim yang sedang melaksanakan uabdah puasa.

"Rumah makan hendaknya ditutup dengan tirai atau hordeng, bukan tidak boleh bukak. Silahkan tapi jangan terlalu nampak, lebih bagus lagi kalau buka pada saat akan berbuka puasa atau saat akan sahur saja. Mari kita bersama-sama menjaga khusyukan bulan yang penuh Magfiroh ini," katanya.***2***

(T.KR-SUS/C/M033/M033) 30-05-2017 11:22:44

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga