Senin, 23 Oktober 2017

Bangka Barat dorong kreativitas seniman tari

id seniman tari, Lomba Tari Kreasi Sejiran Setason, Anung Yunianto, seni kerakyatan, Dinas Pariwisata, Bangka Barat
Bangka Barat dorong kreativitas seniman tari
Ilustrasi Pucuk turun Seni tari daerah Bangka Belitung (ANTARA FOTO)
Muntok (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya mendorong seniman dan pegiat seni tari semakin kreatif dalam berkesenian melalui lomba.

"Kami berharap melalui kegiatan lomba dapat merangsang para seniman dan pegiat seni tari semakin terasah dalam menekuni budaya lokal untuk dijadikan sebuah karya seni sekaligus menambah kasanah budaya lokal," kata panitia Lomba Tari Kreasi Sejiran Setason, Anung Yunianto di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, lomba akan diikuti sejumlah sanggar seni tari di daerah itu dengan mengambil tema besar yaitu kreativitas tari pada rangkaian adat masyarakat daerah berbasis seni kerakyatan.

Pendaftatan peserta dimulai pada 24 Mei hingga 23 Juni 2017 di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat.

"Pelaksanaan lomba akan kami gelar pada Kamis (13/7) di Gedung Majapahit Unit Metalurgi Muntok," katanya.

Menurut dia kegiatan lomba tari kreasi yang diselenggarakan di daerah itu selalu ditunggu masyarakat, khususnya para penikmat seni tari karena karya yang ditampilkan selalu baru dan kekinian tanpa meninggalkan tradisi yang ada.

Bangka Barat selalu menjadi barometer bagi kesenian tari kreasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Karya-karya yang dihasilkan seniman Bangka Barat selalu menyita perhatian pemerhati tari kreasi, kami berharap sajian ini dapat menambah referensi bagi para penikmat tari kreasi sekaligus menghibur masyarakat," katanya.

Melalui lomba tahunan tersebut diharapkan akan memotivasi para pelaku seni untuk berkreasi sekaligus menggali budaya lokal.

"Lomba ini juga sebagai upaya menjaga kelestarian budaya lokal karena tari kreasi selalu bersumber dari tari tradisi warisan leluhur," katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga