Gubernur: Pembangunan kawasan ekonomi khusus Sumsel berlanjut

id Alex Noerdin, Kawasan Ekonomi Khusus, perekonomian masyarakat, tenaga kerja, PT Pusri

Gubernur: Pembangunan kawasan ekonomi khusus Sumsel berlanjut

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, pembangunan kawasan ekonomi khusus di areal Pelabuhan Samudera Tanjung Api Api, Kabupaten Banyuasin terus berlanjut karena sudah menjadi program pembangunan daerah setempat.

Apalagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut akan meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga pembangunannya harus diutamakan, kata gubernur di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan, KEK akan menyerap ribuan tenaga kerja karena di kawasan itu akan dibangun berbagai proyek besar dan kecil, seperti pabrik PT Pusri baru, pabrik alumunium dan lainnya.

Oleh karena itu pembangunan harus dimaksimalkan sehingga semakin bermanfaat bagi masyarakat, kata dia.

Memang, sekarang ini antara lain sudah dibangun pelabuhan penyeberangan menuju Provinsi Bangka Belitung dan itu juga sebagai bentuk kawasan itu menjadi program pemerintah.

Bahkan, lanjut dia, dalam mempercepat pembangunan kawasan ekonomi khusus dan pelabuhan laut Tanjung Api Api telah dibentuk Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pembentukan perseroan terbatas (PT) Sriwijaya Mandiri Sumsel.

Menurut dia, KEK juga cukup diminati para investor sehingga pembangunannya terus dimaksimalkan.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Sekda Pemprov Sumsel Joko Iman Sentosa mengatakan, ganti rugi lahan kawasan ekonomi khusus daerah itu terus dilanjutkan.

Memang, ada beberapa hektare lahan yang sudah dibebasakan dan sisanya terus akan diganti rugi dilaksanakan secara bertahap, tambah dia.

Berdasarkan data pada 2016 sudah diganti rugi lahan seluas 62 hektare dan tahun itu terus dilaksanakan ganti rugi secara bertahap.