Pemerintah upayakan mudik 2017 aman dan nyaman

id mudik, arus mudik, lebaran 2017, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, angjutan darat, angkutan laut, kereta api, kapal laut, pesawat terbang

Pemerintah upayakan mudik 2017 aman dan nyaman

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Pemerintah mengupayakan momentum mudik hari raya Idul Fitri 1438 H atau Lebaran 2017 aman dan nyaman bagi para pemudik.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto dalam diskusi "Persiapan Mudik yang Aman dan Nyaman" di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga lain untuk mempersiapkan arus mudik dan arus balik yang lebih baik tahun ini.

"Yang penting para pemudik dapat aman, nyaman, selamat sampai di tujuan sehingga kita harus mempersiapkan beberapa hal yang berkaitan dengan masalah infrastruktur, moda transportasi juga mempersiapkan operator dan pengemudi," katanya.

Kemenhub berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Polri, Kementerian Kesehatan, Badan SAR Nasional serta pemangku kepentingan lain termasuk BUMN untuk mempersiapkan arus mudik dan balik Lebaran 2017.

Pudji menuturkan, salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) untuk semua moda transportasi mulai dari darat, laut dan udara.

"Sekarang ini sudah 80 persen dari masing-masing moda transportasi itu dilakukan 'ramp check', sampai dengan H-10 itu terus kita lakukan, termasuk pemeriksaan pengemudi juga nanti pada saatnya," tuturnya.

Pudji menambahkan, pihaknya juga memberikan pembinaan kepada pengemudi dan operator angkutan guna menghindari risiko kecelakaan saat melaksanakan tugas.

"Kami juga menyediakan fasilitas mudik gratis yang baik melalui kereta api, diangkut sepeda motornya menggunakan truk, dan menggunakan bus dan menggunakan kapal. Kami tahun ini juga menyediakan mudik gratis menggunakan kapal 'roll on roll off' (RORO) dari Jakarta, Surabaya dan Semarang," katanya.

Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada H-2 dan H-1 (23-24 Juni 2017). Namun, posko terpadu mulai dibuka H-10 (15 Juni 2017) hingga H+15 (11 Juli 2017).