Medan segera pulihkan jalan tuntungan

id jalan tuntungan, jalan longsor, medan, tergerus arus sungai, Akhar Nasution

Medan segera pulihkan jalan tuntungan

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Medan (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, segera memulihkan akses perhubungan darat dengan membeton tebing dan menimbun jalan di Tuntungan yang longsor akibat tergerus arus sungai.

Wakil Wali Kota Medan Akhar Nasution di Medan, Jumat, mengatakan, pemkot dengan dibantu kecamatan segera melakukan tindakan cepat agar akses jalan Pertunia itu tidak terputus.

"Titik longsor ini akan segera kita tangani, akses jalan yang terkena longsor akan ditimbun kembali. Pemkot Medan akan memulihkan badan jalan yang terkena longsor, agar warga nyaman," katanya.

Ia mengatakan aliran sungai yang berbelok di badan jalan itu  merupakan penyebab terkikisnya fondasi tanah yang di atasnya terdapat jalan raya.

Air berputar di sekitar belokan aliran sungai itu, dan lama-kelamaan menjadi penyebab longsor terutama ketika debit air meninggi akibat hujan besar pada beberapa pekan terakhir.

Akhyar meminta Dinas PU, selain membuat benteng beton di sisi jalan yang longsor,  juga mengubah aliran sungai agar tidak berbelok ke titik longsor.

Hal itu dapat dilakukan dengan cara meletakkan beberapa batu besar sebagai penahan air dan pemecah arus, kemudian tanah di seberang sungai juga harus dikeruk agar mengubah aliran sungai.

Guna mempermudah, Dinas PU harus segera meminta izin kepada pihak yang memiliki tanah tersebut.

"Sebenarnya ini merupakan kewenangan Balai Sungai, akan tetapi karena longsor sudah memakan akses jalan Kita harus mengambil tindakan segera agar tidak terjadi longsor susulan yang dapat memutus akses jalan warga ini," katanya.

Sementara Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan mengatakan  akan segera membeton tebing yang longsor sebagai langkah darurat.

"Kami akan mempercepat proses pengerjaan, yakni melakukan penimbunan dan membeton tebing yang longsor dengan material yang tersedia," katanya.