Bangka tengah menjadi percontohan produksi ikan higienis

id ikan, bangka tengah, produksi ikan higienis, Dedi Muchdiyat, teknologi pengemasan ikan

Bangka tengah menjadi percontohan produksi ikan higienis

Ilustrasi .(ANTARA)

Koba (Antarasumsel.com) - Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertekad menjadi daerah percontohan untuk produksi ikan higienis.

"Kami sudah bangun sebuah gudang penyimpanan ikan higienis di Desa Kurau, pembangunannya sudah hampir selesai dan mendapat dukungan penuh dari kementerian terkait," kata Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Dedi Muchdiyat di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, gudang pendingin atau penyimpanan ikan itu dilengkapi dengan teknologi pendukung dan siap menampung ikan dari berbagai daerah di Babel.

"Pembangunan gudang penyimpanan ikan higienis ini tujuannya untuk menjamin ikan lebih layak konsumsi, layak ekspor, dan menjaga stabilitas harga," ujarnya.

Dengan adanya gudang penyimpanan ikan itu, kata dia, nanti harga ikan bisa dikendalikan oleh pemerintah daerah dan sekaligus memutus mata rantai permainan tengkulak ikan.

"Gudang ikan higienis ini tidak sembarangan, ikan yang masuk gudang harus lolos uji kelayakan konsumsi dan ikan segar. Tidak sembarangan masuk ke gudang, harus dilengkapi pakaian dan sepatu sesuai standar," ujarnya.

Jadi, kata dia, sebelum ikan masuk gudang tentu harus berproses mulai dari mengecek ikan hingga pedagangnya.

"Ini satu-satunya gudang penyimpanan ikan di Babel, kabupaten lain belum ada," katanya.