IHSG Senin dibuka menguat 5,44 poin

id ihsg, Indeks harga saham gabungan, Bursa Efek Indonesia, IHSG BEI, pertumbuhan produk domestik bruto, faktor pendorong IHSG, menguatnya IHSG

IHSG Senin dibuka menguat 5,44 poin

IHSG . (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin, dibuka menguat sebesar 5,44 poin seiring dengan masih kuatnya sentimen positif dari kenaikan peringkat Indonesia menjadi layak investasi.

IHSG BEI dibuka naik 5,44 poin atau 0,09 persen menjadi 5.747,89 poin. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak menguat 2,83 poin (0,30 persen) menjadi 960,53 poin.

Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere di Jakarta, Senin mengatakan bahwa keberhasilan Indonesia mendapatkan peringkat layak investasi dari lembaga pemeringkat masih menjadi salah satu pemicu bagi aliran dana asing masuk ke Indonesia.

"Peringkat itu membuat para manajer investasi meningkatkan portofolionya di Indonesia seperti saham," katanya.

Ia menambahkan bahwa pemerintah yang telah berupaya menahan pergerakan harga pangan untuk menjaga inflasi cukup direspon positif sebagian pasar. Salah satu upaya tersebut mencakup adanya peraturan Menteri Perdagangan yang mewajibkan distributor untuk melapor ketersediaan pangan dan tidak melakukan penimbunan.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menambahkan bahwa IHSG melanjutkan kenaikannya seiring dengan mulai adanya aksi beli sebagian investor yang memanfaatkan saham-saham yang harganya dinilai masih lemah.

"Situasi itu memberikan kesempatan bagi IHSG untuk berbalik positif. Apalagi data-data ekonomi yang telah dirilis cukup positif," katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks bursa Nikkei naik 28,37 poin (0,14 persen) ke 20.205,65, indeks Hang Seng melemah 26,18 poin (0,10 persen) ke 25.897,87, dan Straits Times melemah 3,70 poin (0,08 persen) posisi 3.236,24.