Kemenkes: Sudah 30 provinsi canangkan Germas

id Nila Djuwita F. Moeloek, menkes, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, germas, kepala daerah, Indonesia Sehat

Kemenkes: Sudah 30 provinsi canangkan Germas

Logo Germas (depkes.go.id)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono menyebutkan sudah 30 dari total 34 provinsi yang mencanangkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di daerahnya dalam menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017.

Anung dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Senin mengatakan beberapa provinsi juga sudah mencanangkan Germas oleh bupati dan walikotanya, salah satunya di Bali dengan seluruh kabupaten/kota sudah mencanangkan Germas atas perintah gubernur.¿
"Tentu belum semua. Di jawa baru tiga yang canangkan dari 35 kabupaten atas perintah gubernur," jelas dia.

Anung mengemukakan Kementerian Dalam Negeri juga sudah mengundang para sekretaris daerah untuk menindaklanjuti secara administratif untuk kepentingan pembuatan laporan atau edaran yang harus dibuat.

Kendati demikian, Anung mengakui belum ada hasil yang didapatkan dari program Germas demi menciptakan masyarakat yang sehat.

"Fokus kita kan makan buah sayur, aktivitas fisik, cek pemeriksaan. Inilah yang belum kita dapatkan hasilnya. Makan sayur yang tadinya seminggu sekali jadi dua kali, aktivitasnya jadi bertambah itu belum ada hasilnya," ujar Anung.

Dia menekankan setiap daerah maupun kementerian/lembaga yang ditunjuk menjalankan program Germas tetap ada indikator yang harus dikerjakan.

Dia mencontohkan pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota ditugaskan untuk memperbanyak kawasan tanpa rokok, menyediakan jalur sepeda yang aman dan nyaman, dan hari bebas kendaraan.