Pelaku usaha jamin HET berlaku seluruh Indonesia

id sembako, Kementerian Perdagangan, GM Transmart Carrefour, Satria Hamid, komoditas bahan pokok

Pelaku usaha jamin HET berlaku seluruh Indonesia

Pedagang sembako terapung (Foto antarasumsel.com/Nila)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Pelaku usaha ritel modern menjamin penerapan Harga Eceran Tertinggi untuk beberapa komoditas bahan pokok penting yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) berlaku di seluruh jaringan ritel yang ada di Indonesia.

Corporate Communications GM Transmart Carrefour Satria Hamid saat dihubungi Antara mengatakan bahwa penerapan skema HET untuk beberapa komoditas bahan pokok tersebut sudah berlaku pada seluruh jaringan Transmart Carrefour yang ada di seluruh Indonesia.

"Untuk HET tersebut sudah berlaku secara keseluruhan di Transmart Carrefour, termasuk untuk toko-toko kami yang baru buka di Padang dan Pekanbaru, serta nanti di Manado pada minggu ini," kata Satria, Senin.

Satria menambahkan, secara keseluruhan, Transmart Carrefour memiliki sebanyak 98 jaringan yang tersebut di seluruh Indonesia. Dalam minggu ini, direncakan akan dibuka gerai ke-99 dan akan langsung menerapkan skema HET yang diminta oleh pemerintah.

Kementerian Perdagangan telah memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman antara APRINDO dengan distributor gula, minyak goreng dan daging pada 4 April 2017.

Dalam kerja sama tersebut, disepakati bahwa harga eceran tertinggi untuk gula pasir Rp12.500 per kilogram, minyak goreng kemasan sederhana Rp11.000 per liter dan daging beku dengan harga maksimal Rp80.000 per kilogram.

Selain itu, pemerintah juga berencana untuk menerapkan HET untuk komoditas bawang putih, dengan harga paling tinggi diharapkan sebesar Rp38.000 per kilogram.

"Tantangan hanya satu, terkait distribusi dari para pemasok ke toko. Untuk bawang putih, kami berupaya maksimal dengan para pemasok, untuk menyelesaikan tantangan khususnya terkait distribusi dan penetapan harga," kata Satria.

Satria menambahkan, pelaku usaha mendukung program pemerintah untuk menetapkan HET untuk produk-produk kebutuhan pokok tersebut. Namun, dalam aplikasinya diperlukan proses dan dukungan dari pemerintah untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada.

"Kami tidak mau salah sasaran dalam penerapan HET ini. Penjualan untuk masyarakat, namun memang ada yang ingin membeli dalam jumlah besar, itu tidak akan tepat sasaran. Kami saat ini menjamin bisa mensupport program pemerintah," kata Satria.

Pasar ritel modern diharapkan mampu menjadi acuan bagi pasar-pasar tradisional dalam menentukan harga bahan kebutuhan pokok. Skema HET tersebut diharapkan juga mampu menembus ke pasar-pasar tradisional, namun sejauh ini masih belum bisa menjangkau pasar tradisional.

Berdasarkan data Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) terdapat kurang lebih sebanyak 13.450 pasar rakyat yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Data dari Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kemendag, pada Senin (5/6), harga rata-rata nasional untuk gula pasir tercatat sebesar Rp13.457 per kilogram, minyak goreng curah Rp11.515 per liter dan daging sapi yang masih berada pada kisaran Rp115.772 per kilogram.

Beberapa komoditas lain yang tercatat sedikit mengalami kenaikan harga adalah kedelai menjadi Rp10.478 per kilogram, bawang merah Rp30.971, ikan Rp74.442 per kilogram, garam Rp6.055 per kilogram dan kacang Rp26.444 per kilogram.