Jambi perbaiki kerusakan jalan arus mudik

id perbaikan jalan, jalur mudik lebaran, kemacetan parah, jalan berlubang, jambi, Zumi Zola

Jambi perbaiki kerusakan jalan arus mudik

Ilustrasi Perbaikan jalan (Antarasumsel.com)

Jambi (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Jambi mulai memperbaiki ruas jalan provinsi di setiap kabupaten/kota yang dilalui pemudik agar tidak terjadi kemacetan parah sehingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Gubernur Jambi Zumi Zola di Jambi, Senin, mengatakan untuk mengantisipasi kemacetan dan menghindari penyebab kecelakaan di jalan raya saat mudik Lebaran 2017, pihaknya kini terus melakukan penimbunan di sejumlah ruas jalan yang rusak.

"Saat ini kita hanya bisa melakukan penyempurnaan dengan melakukan penimbunan-penimbunan saja," kata Zumi Zola.

Jalan-jalan hanya dilakukan penimbunan karena hampir semua ruas jalan yang rusak sudah diprogramkan untuk diperbaiki, namun sayangnya proses tender pengerjaan bersama pihak ketiga baru selesai akhir Mei 2017 sehingga pihak rekanan belum bisa bekerja.

Menurutnya, jika saat ini dilakukan pengaspalan sangat tidak mungkin bisa selesai hingga Lebaran 2017. Oleh sebab itu sementara dilakukan penimbunan saja.

"Kalau untuk perbaikan jalan permanan saat ini tidak mungkin karena itu kita lakukan penanganan darurat saja," katanya.

Selain itu, Zola meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi terus melakukan koordinasi bersama pemerintah kabupaten/kota agar jalur mudik yang dilalui pengendara tidak mengalami masalah.

"Kalau saya lihat mayoritas jalur mudik di Jambi ini melewati jalan nasional, hanya sedikit jalan provinsi yang dilalui. Tapi kita juga minta intansi terkait untuk berkoordinasi agar para pengendara nyaman saat melakukan mudik lebaran tahun ini," katanya menambahkan.

Berdasarkan data Dinas PUPR Provinsi Jambi, dari jumlah total ruas jalan Provinsi Jambi yakni sekitar 1.200 kilometer, saat ini sekitar 24 persen di antaranya masih mengalami kerusakan.