27 orang calon haji tak lunasi BPIH

id haji, calon haji, pembayaran uang ibadah haji, Biaya Perjalanan Ibadah Haji, Saefudin Latief

27 orang calon haji tak lunasi BPIH

Dokumen foto jamaah haji beribadah mengelilingi Kabah di Masjidil Haram menjelang puncak ibadah haji di Makkah, Arab Saudi. (ANTARA)

...dari 7.035 calon haji Sumsel, hanya 27 orang yang tidak melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) hingga batas waktu pelunasan...
Palembang (Antarasumsel.com) - Sebanyak 27 orang jamaah calon haji Sumatera Selatan yang dijadwalkan berangkat pada 2017 ini tidak melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji sesuai batas waktu ditetapkan.

Sementara sebagian besar calon haji provinsi ini melakukan pelunasan pada tahap pertama 10 April-5 Mei 2017 dan tahap kedua 22 Mei-2 Juni 2017, kata Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel, Saefudin Latief, di Palembang, Selasa.

Dijelaskannya, dari 7.035 calon haji Sumsel, hanya 27 orang yang tidak melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) hingga batas waktu pelunasan tersebut.

Dia menjelaskan, sebanyak 27 orang calon haji (calhaj) provinsi ini tidak melunasi biaya perjalanan ibadah haji setelah diberi kesempatan selama dua tahap dengan berbagai alasan.

Calhaj yang tidak melunasi BPIH hingga batas waktu ditentukan itu dinyatakan dicoret dari daftar jamaah akan diberangkatkan pada tahun ini, dan digantikan dengan calhaj lainnya sesuai dengan daftar tunggu dan kelompok orang mendapat prioritas seperti berusia lanjut, katanya.

Menurut dia, calhaj asal Sumsel yang akan diberangkatkan pada 2017 ini bertambah sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama tentang penetapan kuota haji, pada tahun ini calhaj yang akan berangkat dari provinsi ini dan beberapa daerah lainnya bertambah.

Jumlah calhaj Sumsel yang akan berangkat pada tahun ini bertambah cukup banyak, tahun sebelumnya jumlah jamaah calon haji yang berhak berangkat 5.040 orang, dan pada 2017 ini bertambah menjadi 7.035 orang.

Calhaj tersebut akan diberangkatkan melalui embarkasi haji Palembang dengan pembagian kelompok terbang (kloter) sekitar 15-16 kloter bersama calhaj dari Bangka Belitung, katanya.