Konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo

id danau, konfrensi danau, gorontalo, Nelson Pomalingo, pengelolaan danau

Konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo

Ilustrasi (tikateacool.wordpress.com)

Gorontalo (Antarasumsel.com) - Provinsi Gorontalo akan menjadi tuan rumah Konferensi Danau Nusantara yang akan digelar pada September 2017.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Selasa, mengatakan Konferensi Danau Nusantara salah satu bentuk kontribusi dan komitmen pemerintah dalam menjalankan kemitraan strategis terkait dengan pengelolaan danau.

Hal itu, katanya, seperti yang diamanatkan dalam "The 16Th World Lake Conference" dan Konferensi Nasional Danau di Bali.

Konferensi Danau Nusantara tersebut merekomendasikan penanganan 15 danau kritis di Indonesia.

Para pakar danau dan 15 pemerintah daerah yang memiliki danau kritis di Indonesia, akan menghadiri konferensi yang akan digelar di Pentadio Resort, Kabupaten Gorontalo.

Konferensi itu  akan menampilkan kekayaan dan kondisi danau-danau di seluruh Indonesia, termasuk 15 danau kritis yang saat ini mendapat prioritas untuk program revitalisasi.

"Danau adalah gudang plasma nutfah yang menyimpan keanekaragaman hayati, sebagai reservoir alami, sumber air, sumber energi, hingga penyedia komoditas ekonomi," katanya.

Konferensi Danau Nusantara yang mengambil tema "Penyelamatan Ekosistem Danau Berbasis Transdisipliner" itu, akan dipusatkan di Pentadio Resort, suatu kawasan wisata air panas (geotermal) di Danau Limboto.

Para kepala daerah akan memaparkan kondisi dan masalah yang dihadapi dalam upaya menyelamatkan dan meningkatkan kualitas danau.

Paparan tersebut diharakan menjadi bahan pembelajaran bagi daerah lain dalam mengelola danau yang saat ini kondisinya kritis.