Mukomuko prioritaskan bantuan kelambu untuk ibu hamil

id mukomuko, kelambu, ibu hamil, Global Fund, Dinas Kesehatan, Ruli Herlindo, puskesmas

Mukomuko prioritaskan bantuan kelambu untuk ibu hamil

Ilustrasi. (ANTARA)

Mukomuko (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada tahun 2017 memprioritaskan bantuan kelambu untuk ibu hamil yang berada di wilayah endemik malaria daerah di daerah ini.

"Pendistribusian sebanyak 3.950 lembar kelambu pada bulan ini di 10 puskesmas yang tinggi kasus malaria berdasarkan data tahun 2013. Bantuan kelambu untuk ibu hamil di wilayah puskesmas tersebut," kata Petugas Monitoring dan Evaluasi "Global Fund" Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Ruli Herlindo, di Mukomuko, Selasa.

Ia menyebutkan  sebanyak 10 puskesmas yang tinggi kasus malaria berdasarkan data tahun 2013, yakni Puskesmas Desa Pasar Bantal, Puskesmas Kecamatan Kota Mukomuko, Puskesmas Kecamatan Ipuh, Puskesmas  Desa Lalang Luas, dan Puskesmas Kecamatan Lubuk Pinang.

Kemudian, Puskesmas Desa Dusun Baru, Puskesmas Kecamatan Penarik, Puskesmas Kecamatan Air Rami, dan Puskesmas Kecamatan Pondok Suguh.

Ia menyebutkan, sedangkan data  jumlah ibu hamil yang tersebar di 10 puskesmas yang akan menerima bantuan kelambu gratis tersebut sekitar 3.121 orang.

Ia mengatakan, karena jumlah kelambu lebih banyak dibandingkan dengan jumlah ibu hamil di daerah itu, sehingga kelebihan kelambu renvananya menjadi "Buffer Stok" untuk ibu hamil berikutnya.

Ia menerangkan, prioritas bantuan kelambu itu untuk ibu hamil guna melindungi ibu dan calon bayi dari penuyakit malaria. Karena ibu yang terkena penyakit malaria dapat berdampak langsung terhadap bayi yang dilahirkan.