Pioli ditunjuk menjadi pelatih baru Fiorentina

id Stefano Pioli, pelatih baru, fiorentina, Paulo Sousa, tidak konsisten musim

Pioli ditunjuk menjadi pelatih baru Fiorentina

Stefano Pioli (Antarasumsel.com/Reuters)

Milan (Antara/Reuters) - Stefano Pioli, yang dipecat Inter Milan kurang dari sebulan silam, ditunjuk menjadi pelatih baru Fiorentina pada Selasa, kembali ke klub di mana ia menghabiskan enam tahun sebagai pemain.

Pria 51 tahun itu menggantikan pelatih asal Portugal Paulo Sousa, yang kontraknya tidak diperbarui setelah penampilan tidak konsisten musim lalu di mana Tim Ungu hanya finis di peringkat kedelapan di Liga Italia.

Pioli telah lama malang melintang di sepak bola Italia, dan Fiorentina merupakan tim profesional ke-12 yang ia arsiteki.

Seorang bek tengah saat masih aktif bermain, pekerjaan pertama Pioli sebagai pelatih kepala adalah bersama klub Serie B Salernitana pada 2003.

Ia pindah ke Modena, klub strata kedua lainnya, pada 2004 dan mendapatkan kesempatan pertamanya di strata tertinggi bersama Parma pada 2006.

Ia dipecat hanya setelah enam bulan bersama klub itu dengan menghuni satu posisi di atas juru kunci, dan kembali ke Serie B di mana ia melatih Grosseto, Piacenza, dan Sassuolo.

Chievo dibawanya kembali ke Serie A pada 2010 dan ia pindah ke Palermo setahun kemudian, namun ia hanya bertahan selama 90 hari di klub yang senang memecat pelatih itu.

Perhentian selanjutnya adalah Bologna di mana Pioli mampu mempertahankan mereka di Serie A selama dua musim yang sulit, untuk kemudian pindah ke Lazio pada 2014 di mana ia hanya bertahan kurang dari dua tahun.  

Ia mendapatkan kesempatan pertamanya di salah satu klub besar Italia pada November tahun lalu ketika Inter Milan mempekerjakan dirinya namun, setelah start menjanjikan, ia dipecat bulan lalu menyusul laju tujuh pertandingan tanpa kemenangan.

Ia mencatatkan 156 penampilan untuk Fiorentina antara 1989 sampai 1995.(H-RF)