Laga terakhir Toulon Indonesia takluk dari Skotlandia

id timnas, spak bola, Tim nasional U-19, Glasgow Rangers Ryan Hardie, Grup C, Turnamen Toulon, Prancis,

Laga terakhir Toulon Indonesia takluk dari Skotlandia

(Antarasumsel.com/Feny Selly)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Tim nasional U-19 Indonesia takluk dari timnas U-20 Skotlandia dengan skor 1-2 pada laga terakhir di Grup C Turnamen Toulon, Prancis, Selasa malam WIB.

Dipantau dari laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Jakarta, Selasa (6/6) malam, Indonesia yang sudah dipastikan tidak bisa melaju ke semifinal sebenarnya unggul terlebih dahulu, tepatnya pada menit ke-24 melalui tendangan kaki kanan Hanis Saghara Putra.

Satu-satunya gol Garuda muda pada Turnamen Toulon tersebut diawali kesalahan pemain belakang Skotlandia yang gagal membuang bola di sekitar kotak penalti.

Hanis dapat mengendalikan bola itu dengan baik, mengelabui bek lawan dan berhasil menceploskan bola ke gawang yang dikawal John Ruddy.

Skotlandia yang perlu kemenangan demi memuluskan jalan ke semifinal tersengat dan terus menggempur Indonesia.

Hasilnya, di menit ke-33, pemain muda Glasgow Rangers Ryan Hardie bisa membuat gol melalui tendangan melengkung yang dilepaskan dari luar kotak penalti. Skor 1-1 pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, anak-anak asuh Indra Sjafri tampil ngotot pada tujuh menit awal. Hanis Saghara mendapatkan peluang di menit ke-45, tetapi tendanganya melebar.

Lalu, dua menit setelahnya giliran Adha Nurrokhim yang bisa menemukan ruang tembak, tetapi bola melambung di atas gawang.

Usai peluang tersebut, praktis Indonesia dikurung oleh para pemain Skotlandia. Petaka pun terjadi pada menit ke-64, di mana Irsan Lestaluhu menjatuhkan kapten lawan, Anthony Ralston di kotak terlarang.

Ryan Hardie yang menjadi algojo penalti Skotlandia sukses menyepak bola ke dalam gawang. Skor 2-1 pun tak berubah hingga laga usai.

Sepanjang pertandingan, Indonesia berhasil membuat tujuh tendangan ke gawang, tetapi hanya satu yang tepat sasaran yaitu gol yang dibuat oleh Hanis. Sementara Skotlandia menorehkan 16 tendangan ke gawang Indonesia dengan sembilan di antaranya tepat sasaran.

Adapun catatan Indonesia di Turnamen Toulon 2017 adalah tiga kali kalah dari tiga laga di Grup C. Selain dari Skotlandia, mereka takluk dari timnas U-20 Brazil dengan skor 1-0 dan U-19 Republik Ceko dengan skor 2-0.