Perluasan Bandara SMB II Palembang sesuai rencana

id Bandara SMB, Iskandar Hamid, pintu masuk sumatera selatan, Asian Games 2018, Angkasa Pura II, perluasan bandara

Perluasan Bandara SMB II Palembang sesuai rencana

Bandara SMB II Palembang, Sumsel. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kegiatan perluasan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, untuk menghadapi Asian Games 2018 yang berlangsung sejak setahun terakhir hingga kini berjalan sesuai rencana.

"Kegiatan perluasan terminal penumpang, pelataran pesawat (apron), dan menambah fasilitas pendukung lainnya hingga kini berjalan sesuai rencana dan diharapkan selesai sebelum pelaksanaan ajang olahraga negara-negara kawasan asia itu," kata General Manager PT Angkasa Pura II Palembang Iskandar Hamid ,di Palembang, Rabu.

Menurut dia, bandara ini sebagai pintu masuk atlet, pendamping, dan tamu dari berbagai negara peserta Asian Games, tanpa dilakukan perluasan dapat mengganggu pelayanan pengguna jasa angkutan udara yang berjalan selama ini.

Terminal penumpang selama ini hanya mampu menampung sekitar 1.000 orang, untuk menghadapi lonjakan penumpang pada saat pelaksanaan pesta olahraga negara kawasan Asia itu diperluas hingga mampu menampung 1.600 orang.

Kemudian pelataran/tempat parkir pesawat dari kondisi sekarang ini hanya untuk 10 pesawat, dengan kegiatan perluasan itu nantinya bisa menampung 15 pesawat, ujarnya.

Dia menjelaskan, selain memperluas terminal penumpang dan apronmenurut, PT Angkasa Pura II juga berupaya membangun fasilitas pendukung "sky bridge" senilai Rp30 miliar untuk menghubungkan terminal bandara dengan stasiun kereta api ringan (Light Rail Transit-LRT).

Melalui kegiatan perluasan dan penambahan fasilitas pendukung bandara tersebut diharapkan pelayanan terhadap pengguna jasa angkutan udara bisa lebih baik, dan dapat mendukung Palembang sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan ajang olahraga negara kawasan Asia itu, kata Iskandar.