Satgas Karhutla Sumsel intensifkan sosialisasi pencegahan kebakaran

id Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, Alex Noerdin, Kebakaran Hutan, karhutla, kabut asap

Satgas Karhutla Sumsel intensifkan sosialisasi pencegahan kebakaran

Helikopter Pemadam Karhutla Tiba Di Palembang Helikopter jenis Bell pemadam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) saat tiba di Lanud Sri Mulyono Herlambang, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu

Palembang (Antarasumsel.com) - Satuan Tugas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Sumatera Selatan mengintensifkan kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran memasuki musim kemarau 2017.

"Kegiatan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sekarang ini lebih diintensifkan sehingga ketika benar-benar memasuki kemarau atau tanpa hujan dalam kurun waktu yang lama dapat dihindari karhutla yang dapat menimbulkan bencana kabut asap," kata Komandan Satgas Penanganan Karhutla Sumsel Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan kegiatan sosialisasi itu melibatkan anggota tim darat yang terdiri dari unsur Dinas Kehutanan, TNI/Polri, Manggala Agni dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel.

"Kegiatan sosialisasi ini dilakukan menggunakan media massa, menyebar spanduk berisi imbauan dan menyisir sejumlah daerah yang dianggap rawan karhutla," katanya.

Menurut dia, kegiatan sosialiasi lebih diintensifkan untuk mengingatkan masyarakat melakukan pencegahan dalam kondisi cuaca sekarang yang masih terdapat hujan dan kondisi titik api jumlahnya relatif sedikit atau belum berpotensi mengakibatkan karhutla.

Setelah kegiatan sosialisasi itu, pihaknya akan melakukan pengawasan secara ketat daerah-daerah yang selama ini rawan karhutla dan berupaya menindak tegas siapapun yang terbukti sebagai penyebab karhutla dan dengan sengaja membuka/membersihkan lahan dengan cara membakar.

Jika mulai jarang hujan, satgas akan lebih menggalakkan patroli, penegakan hukum, serta melakukan rekayasa cuaca dengan hujan buatan.

M"elalui berbagai upaya tersebut, dapat dilakukan pencegahan karhutla sejak dini dan target Sumsel bebas dari bencana kabut asap bisa diwujudkan," kata Kunto.