Pertamina salurkan zakat pekerja di bulan Ramadhan

id Erwin Widiarta, BAZMA, zakat pekerja, Pertamina Refinery Unit III, anak yatim piatu,

Pertamina salurkan zakat pekerja di bulan Ramadhan

Penyaluran zakat pekerja pertamina (Antarasumsel.com/Susilawati/Ang/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pertamina Refinery Unit III melalui Baituzzakah Pertamina (BAZMA) RU III menyalurkan zakat pekerja sebesar Rp239,8 juta kepada 832 dhuafa binaan, 414 anak yatim piatu dan 113 fisabilillah pada bulan Suci Ramadhan.

Saat ini sebanyak 30 persen dari 1.006 orang pekerja RU III telah bergabung dan menyalurkan zakatnya melalui BAZMA RU III, sedangkan 70 persen lainnya menyalurkan zakat melalui cara dan badan penyaluran lain, kata Ketua Bazma RU III, Erwin Widiarta di Palembang, Rabu.

Menurut dia, terhimpun setiap bulannya dana sebesar Rp100 juta berupa zakat profesi dan Rp10 juta berupa infaq pekerja sehingga setahunnya dapat menghimpun dan menyalurkan zakat sekitar Rp1,2 miliar dan Rp120 juta infaq.

BAZMA berencana akan menyalurkan seluruh dana ini kepada para mustahik, di antaranya yaitu fakir, miskin, mualaf, fisabilillah, Ibnu sabil, dan lainnya dalam bentuk bantuan beasiswa bagi anak pondok pesantren, kebutuhan sembako kepada fakir miskin, santunan dan binaan keterampilan usaha dan agama, penyaluran modal usaha mualaf, fisabilillah serta para pengelola zakat, katanya.

Ia berharap, kedepannya seluruh pekerja RU III dapat memanfaatkan BAZMA RU III untuk menyalurkan zakatnya.

"Saat ini memang masih 30 persen, tapi kami terus mendorong teman-teman pekerja RU III menyalurkan zakatnya melalui BAZMA, insyaAllah amanah teman-teman pekerja menyalurkan zakat melalui BAZMA akan diakomodir dengan maksimal," ujarnya.

Sementara General Manager RU III Eman Salman Arief berharap mudah-mudahan penyaluran zakat ini dapat bermanfaat baik bagi penerima zakat.

"Kami berharap baik program BAZMA dan partisipasi pekerja RU III akan makin baik kedepannya sehingga masyarakat yang kurang mampu dan orang-orang yang berhak menerima zakat ini dapat merasakan manfaat zakat yang dikelola oleh RU III," tuturnya.

Bantuan diserahkan langsung oleh General Manager (GM) RU III, Eman Salman Arief didampingi Senior Manager Operation and Manufacturing (SMOM) RU III, Djoko Priyono, Ketua BAZMA RU III, Erwin Widiarta dan Ketua Badan Dakwah Islam (BDI) RU III, Hendri Agustian kepada perwakilan kaum dhuafa, yatim piatu dan fisabilillah pada 6 Juni 2017.

"Mewakili kaum dhuafa, saya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan dan disalurkan oleh BAZMA RU III, semoga bantuan ini terus berkelanjutan karena sangat bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan seperti kami," kata Husni.