Harga daging di Palembang Rp130.000/kg

id daging, daging sapi

Harga daging di Palembang Rp130.000/kg

Penjual memotong daging sapi dagangannya (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Harga daging sapi jenis has dalam bertahan Rp130.000/kilogram selama dua pekan Ramadhan di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang.

Taufik, pedagang daging sapi di Pasar Perumnas Palembang, Kamis, mengatakan, meski harga bertahan tapi minat konsumen untuk membeli daging selama Ramadhan ini justru meningkat dari hari biasanya.

Sementara, konsumen yang sebagian besar membeli yakni kalangan ibu-ibu rumah tangga, sementara untuk pedagang bakso dan restoran masih biasa saja permintaannya, kata dia.

Kenaikan pemintaan ini juga dibenarkan Rodiah, pedagang daging sapi di Pasar KM 5 Palembang.

"Ada kenaikan jumlah permintaan, biasa menjual 40 kg daging sapi, kini bisa tembus 50 kg per hari," kata Rodiah.

Harga daging sapi di Kota Palembang sejak awal Ramadhan bergerak dari Rp120.000/kg menjadi Rp130.000/kg pada dua hari menjelang Ramadhan.

Sejak dua hari terakhir sudah stabil, harga daging sapi ini menjadi salah satu konsentrasi Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

Pada awal Ramadhan, Bulog melepas dua ton daging beku impor asal India ke pasaran melalui mitra yakni Rumah Pangan Kita (RPK), Rumah Tani Indonesia dan agen di pasar-pasar.

Kepala Bulog Sumsel Babel, Bakhtiar AS mengatakan dua hari lalu sudah didatangkan lagi dua ton daging kerbau asal India dan dua ton daging sapi asal Australia.

"Untuk daging kerbau, sudah habis. Untuk daging sapi saat ini masih ada di gudang Bulog Palembang yang rencananya akan dilepas melalui operasi pasar dan melalui mitra," kata dia.

Harga daging sapi beku ini dipatok hanya Rp80.000 kg.