Wali Kota tinjau lokasi kebakaran 27 rumah

id kebakaran, kebakaran rumah

Wali Kota tinjau lokasi kebakaran 27 rumah

Wako Palembang tinjau lokasi kebakaran (Antarasumsel.com/Aziz Munajar/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Wali Kota Palembang Harnojoyo meninjau lokasi kebakaran yang menghanguskan 27 rumah warga di Lorong Manggis Kelurahan Silaberanti Kecamatan Seberang Ulu I, Kamis.

Sebelumnya telah terjadi kebakaran pada Rabu (7/6) pukul 11.30 WIB di Jalan A Yani Lorong Manggis RT 05 Kelurahan Silaberanti menghanguskan 27 unit rumah diduga akibat arus hubungan pendek listrik.

"Musibah kebakaran kemarin menyebabkan 50 persen wilayah RT 05 habis terbakar, maka kami bersama pihak BUMN dan Bulog serta instansi terkait turut prihatin atas musibah kebakaran ini," kata Harnojoyo.

Menurutnya, ada 27 kepala keluarga (KK) yang terdampak kebakaran dan kehilangan tempat tinggal nanti akan diberikan santunan dari Pemerintah Kota Palembang sebesar Rp2.750.000 per KK.

Selain itu pemerintah sejak hari pertama musibah terjadi telah memfasilitasi warga terdampak dalam berbuka puasa, sahur dan penerangan darurat sementara para korban menumpang di rumah tetangga terdekat.

Ia meminta, seluruh masyarakat Kota Palembang agar ikut membantu dalam bentuk materi maupun non materi untuk menimbulkan kembali kepercayaan diri akibat trauma para korban.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam menggunakan listrik, kalau bukan ahli tidak usah asal pasang sangat berbahaya, karena kebakaran paling sering akibat arus hubungan pendek listrik, selain itu kompor gas turut diperhatikan," ujar Harnojoyo.

Sementara itu beberapa posko telah berdiri di sekitar lokasi musibah untuk menampung bantuan-bantuan yang terus berdatangan dari berbagai pihak.

"Sejak hari pertama sudah banyak bantuan yang datang dan kemungkinan sampai satu minggu ke depan masih akan terus banyak berdatangan bantuan dari masyarakat," kata Maya petugas posko Kementerian Sosial.

Bantuan sendiri berupa pakaian, makanan, sembako, obat - obatan dan fasilitas memasak, tambah Maya.