Bea Cukai tingkatkan pengawasan jelang Idul Fitri

id Bea Cukai, kegiatan ekspor, impor, pelabuhan Bengkalis, Enrico

Bea Cukai tingkatkan pengawasan jelang Idul Fitri

Bea Cukai saat pemusnahan barang sitaan (Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

Bengkalis (Antarasumsel.com) - Bea dan Cukai Pratama Bengkalis, Provinsi Riau, meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan ekspor dan impor di pelabuhan Bengkalis menjelang Idul Fitri.

"Kita meningkatkan pengawasan jelang perayaan Idul Fitri, selain kegiatan ekspor impor juga melakukan pelayanan dan pengawasan terhadap kedatangan dan keberangkatan penumpang, khususnya di Terminal Fery Internasional Selat Baru," kata Kasubsi P2 Bea dan Cukai Tipe Pratama Bengkalis Enrico di Bengkalis, Jumat.

Dia menyebutkan pengawasan juga dilakukan dengan patroli di perairan Bengkalis untuk mengantisipasi kegiatan ilegal melalui pelabuhan-pelabuhan tidak resmi.

Langkah itu ditempuh, ujarnya, terlebih menjelang perayaan besar karena dikhawatirkan marak penyeludupan.

"Dalam peningkatan pengawasan ini, kita berkoordinasi dengan instansi terkait yang tergabung dalam posko mudik bersama Dinas Perhubungan Bengkalis di pelabuhan Internasional Selat Baru," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Polres Bengkalis dalam operasi ketupat serta patroli laut bersama, guna mengawasi pesisir timur Sumatera yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dengan Sandi Sriwijaya 2017.

"Pengawasannya sudah berjalan, dan ini kita lakukan sampai setelah Lebaran nanti,  dan untuk posko mudik  kita hanya ada di pelabuhan Internasional Selat Baru untuk mengawasi kedatangan dan keberangkatan penumpang dari luar negeri," katanya.