Jokowi serahkan KIP di Tasikmalaya

id joko widodo, jokowi, kartu indonesia pintar, siswa sd, smp, sma, penggunaan kartu, kebutuhan sekolah, bukan untuk pulsa, keperluan pendidikan

Jokowi serahkan KIP di Tasikmalaya

Presiden Jokowi saat kunjungan kerja ke Tasikmalaya 9/06/2017. (ANTARA / Bayu Prasetyo)

Tasikmalaya, Jabar (Antarasumsel.com) - Presiden Joko Widodo menyerahkan Kartu Indonesia Pintar secara simbolis kepada 1.500 siswa siswi SD hingga SMA yang berlangsung di SMPN 2 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Saya minta anggaran yang ada dan dana yang ada di kartu ini digunakan untuk urusan-urusan yang berkaitan dengan sekolah dan pendidikan," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat penyerahan KIP di Tasikmalaya pada Jumat.

Dari 1.500 anak yang mendapat KIP, terdiri dari siswa SD sebanyak 575, siswa SMP sebanyak 238 orang, siswa SMA sebanyak 133 siswa dan siswa SMK 340 orang.

Sementara itu, terdapat 40 siswa dari kelompok belajar paket  A, 61 siswa kelompok belajar paket B, dan 113 siswa kelompok belajar paket C yang juga mendapatkan KIP.

Presiden mengingatkan agar penggunaan kartu tidak untuk membeli pulsa atau hal-hal diluar keperluan pendidikan.

Jokowi juga menjelaskan dana dalam KIP akan diberikan setiap tahun untuk membantu anak Indonesia menuntaskan jenjang pendidikan dengan baik.

Total dana yang diberikan di dalam kartu untuk tingkat SD sebesar Rp450 ribu, sementara tingkat SMP Rp750 ribu, dan tingkat SMA/SMK yaitu Rp1 juta.

"Kembali lagi saya ingin titip kepada anak-anak semuanya belajar yang baik," ujar Jokowi.