Sabtu, 24 Juni 2017

Pemprov Sumsel siagakan alat berat antisipasi bencana

id alat berat, bencana alam, arus lalu lintas mudik, rawan longsor, Ucok Hidayat, Dinas PU Bina Marga
Pemprov Sumsel siagakan alat berat antisipasi bencana
(Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiagakan alat berat terutama di daerah rawan longsor untuk mengantisipasi bila terjadi bencana alam, supaya arus lalu lintas kendaraan saat mudik lebaran nanti tidak mengalami hambatan.

Alat berat disiagakan supaya bila terjadi longsor segera dapat diantisipasi, kata Kepala Dinas PU Bina Marga Sumsel Ucok Hidayat di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan, disiagakannya alat berat itu karena di wilayah Sumatera Selatan ada beberapa titik areal rawan longsor.

Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Tebing Tinggi, Lintang Empat Lawang dan Pagaralam diantaranya sering terjadi tanah longsor terutama ketika musim penghujan sehingga perlu diantisipasi, ujar dia.

Bahkan, lanjut dia, beberapa waktu lalu di daerah Ogan Komering Ulu Selatan ada titik yang mengalami longsor, namun itu segera dapat diatasi.

Ini berkat adanya alat berat yang selalu disiagakan sehingga arus lalu lintas tidak terhambat, ujar dia.

Ia mengatakan, penyiagaan alat berat itu memang rutin dilaksanakan terutama ketika musim penghujan.

Apalagi dalam menghadapi arus mudik nanti pihaknya terus memaksimalkan kewaspadaan dengan menyiagakan petugas dan alat berat.

Bahkan, di setiap satuan kerja perangkat daerah telah dijadikan posko siaga dalam mengantisipasi bila terjadi bencana, ujar dia.

Selain itu pihaknya rutin melaksanakan koordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota dalam mengantisipasi bila terjadi bencana alam.

Menurut dia, dengan adanya kesiagaan dan kewaspadaan itu diharapkan arus lalu lintas kendaraan mudik lebaran melintas di wilayah Sumsel semakin lancar.

Hal ini karena kenyamanan dan keamanan pengemudi merupakan faktor utama sehingga pihaknya selalu mengantisipasi bila terjadi bencana, tambah dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga