Hamilton siap bertarung dengan puncaki latihan pertama

id Lewis Hamilton, Grand Prix Monaco, Mercedes, Red Bull, latihan pertama

Hamilton siap bertarung dengan puncaki latihan pertama

Pembalap Formula One dari tim Mercedes Lewis Hamilton (Reuters)

Montreal, Kanada (Antara/Reuters) - Lewis Hamilton memberi isyarat bahwa Mercedes siap bertarung melawan kompetitor utamanya Ferrari di Grand Prix Kanada dengan sang juara dunia tiga kali itu berada di atas catatan waktu para pebalap dalam latihan pertama.

Dalam sesi latihan Jumat (9/6) waktu setempat itu, Hamilton yang seakan melupakan raihan buruk di Grand Prix Monaco, berpeluang bisa menyamai raihan 65 kali posisi terdepan idolanya Ayrton Senna pada babak kualifikasi Sabtu, jika bisa memacu kendaraannya di Sirkuit Gilles Villeneuve dengan putaran terbaik satu menit 13,809 detik.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel, yang merupakan juara dunia empat kali dengan Red Bull berada di atas Hamilton dengan 25 poin setelah enam balapan, tercepat kedua dengan 1: 14.007, tepat di depan Valtteri Bottas dari Mercedes.

Sementara Mercedes dinilai menjadi underdog, mereka menunjukkan banyak gigitan dalam latihan di Montreal dengan Hamilton dan Bottas bertukar posisi di puncak tangga sepanjang sesi.

Grand Prix Kanada akan terlihat sebagai tempat yang ideal bagi Mercedes untuk melaju kembali, dengan Hamilton yang berhasil menang lima kali di sirkuit pulau itu dan Bottas mencapai podium dua tahun terakhir saat membela Williams.

Vettel dan rekan setimnya Kimi Raikkonen, yang mencatatkan usaha terbaiknya dengan menempati posisi keempat, keduanya memiliki masalah awal yang harus dihadapi di sirkuit, yaitu berusaha kembali dari tergelincir namun tanpa menyebabkan kecelakaan.

Kedua pebalap Ferrari bukan satu-satunya yang mengalami kesulitan pada pagi yang mendung dan berangin kencang saat Nico Hulkenberg dari Renault dan Esteban Ocon dari Force India juga tergelincir.

Ini adalah hari lain yang sangat membuat frustrasi Fernando Alonso sebagai juara dunia dua kali yang sekali lagi dipaksa ke sisi lintasan karena masalah mekanis.

Alonso, yang melewatkan Monaco Grand Prix untuk balapan di Indianapolis 500, dengan cepat menemukan sedikit kemajuan yang telah dicapai di McLaren dalam ketidakhadirannya, sehingga menciptakan sedikit harapan bagi tim tersebut akan bisa mencetak poin pertama mereka musim ini.

Remaja Lance Stroll yang merupakan pebalap Kanada pertama di Grand Prix Kanada sejak Jacques Villeneuve pada 2006, mendapatkan kesempatan pertamanya merasakan sirkuit tersebut sebagai rookie Williams dan menempati posisi ke-13, meski catatan waktunya harus lebih lambat dua detik dari posisi teratas.