Trigol Lewandowski kuatkan Polandia di puncak klasemen

id Robert Lewandowski, Bayern Munich, trigol, hatrick, RB Leipzig, Augsburg, Darmstadt

Trigol Lewandowski kuatkan Polandia di puncak klasemen

Munich Robert Lewandoski (Ist)

Warsawa (Antara/Reuters) - Robert Lewandowski membuat trigol, dua di antaranya dari titik penalti, untuk memberi Polandia kemenangan 3-1 atas Rumania sehingga semakin kuat bertengger di puncak klasemen Grup E kualifikasi sepak bola Piala Dunia, Sabtu.

Polandia kini mengantongi 16 poin dari enam kali main, atau enam poin di atas Montenegro dan Denmark. Sementara itu Rumania masih di urutan empat dengan enam poin, sehingga harapan mereka untuk kembali ke kancah putaran final Piala Dunia sejak 1998 makin pupus.

Montenegro menggulingkan Armenia 4-1 melalui trigol Stevan Jovetic, sedangkan Denmark menang 3-1 atas Kazakhstan.

Lewandowski kini sebagai pencetak gol terbanyak kualifikasi Piala Dunia dengan 11 gol, bersama bintang Portugal Cristiano Ronaldo.

Rumania, yang sebelumnya juga kalah 0-3 dari Polandia, pada pertandingan Sabtu malam itu sempat bertahan dengan baik sebelum Lewandowski membuka skor di menit ke-29.

Pemain depan Bayern Munich itu berhasil sebagai algojo penalti dengan menaklukkan kiper Ciprian TGatarusanu yang meski bergerak ke arah yang benar namun tidak cukup untuk menahan derasnya bola.

Lewandowski kembali membobol gawang Rumania melalui tendangan penalti di menit ke-62 setelah Piotr Zielinski mendapat pelanggaran di kota penalti.

Lima menit sebelumnya ia juga membuat gol, melalui sundulan keras hasil umpan tendangan sudut Piotr Zielinski.

Polandia kehilangan pemain belakang Kamil Glik yang terkena kartu merah. Situasi tersebut dimanfaatkan tim tamu dengan membuat sebuah gol melalui tembakan jarak jauh Bogdan Stancu. Bola sempat memantul pada Michal Pazdan sebelum meluncur melintasi kiper Wojciech Szczesny.

Sementara itu pada pertandingan lainnya Nicolai Jorgensen memberi Denmark keunggulan melalui tendangan voli.

Tuan rumah Kazakhstan semakin sulit ketika pemainya, Baurzhan Islamhan terkena kartu merah, dua menit menjelang babak pertama usai.

Cristian Eriksi menggandakan keunggulan Denmark dengan tendangan penaltinya.

Gol ketiga Denmark dicetak pemain muda Kasper Dolberg, namun Kazakhstan sebelumnya sempat meperkecil ketinggalan melalui Islambek Kuat.