Argentina akan uji opsi serangan saat lawan Singapura

id Argentina, Jorge Sampaoli, pertandingan persahabatan, Singapura

Argentina akan uji opsi serangan saat lawan Singapura

Jorge Sampaoli (REUTERS)

Singapura (Antara/Reuters) - Pelatih Argentina Jorge Sampaoli senang dapat memulai masa kerjanya dengan kemenangan atas musuh bebuyutan Brazil pada pekan lalu, dan kini akan berusaha mencoba formasi-formasi serangan yang baru pada pertandingan persahabatan melawan Singapura pada Selasa.

Negara Amerika Selatan itu setuju untuk bermain melawan negara kecil dari Asia itu sebagai bagian dari perayaan 125 tahun asosiasi sepak bola Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA), dan Sampaoli menolak untuk meremehkan sang lawan meski terdapat perbedaan kualitas yang sangat besar di antara kedua tim.

"Kami mengharapkan untuk menghadapi tim yang akan menikmati kesempatan untuk berhadapan dan berusaha untuk mengalahkan Argentina," kata Sampaoli kepada para pewarta setelah pasukannya menjalani latihan di Stadion Nasional Singapura pada Senin.

Argentina menghuni peringkat kedua dalam daftar peringkat FIFA, unggul 155 posisi di atas Singapura, dan Sampaoli tidak sabar untuk mengambil langkah selanjutnya dalam perjalanan kepelatihannya setelah menikmati kemenangan 1-0 atas Brazil pada debutnya pada pertandingan persahabatan di Melbourne pada Jumat.

"Tim baik-baik saja setelah pertandingan melawan Brazil dan kami memperkirakan pertandingan sulit melawan Singapura," kata pria 57 tahun ini.  
"Kami telah memulai perjalanan kami bersama-sama dan kami tidak sabar untuk melihat hal ini berlanjut, dimulai dengan pertandingan besok."
 
Meski Argentina berlimpah opsi serangan, mantan pelatih Chile ini akan perlu memecahkan masalah kurang tajamnya mereka pada kualifikasi Piala Dunia, di mana "Tim Tango" baru mengoleksi 15 gol dari 14 pertandingan.

"Tidak tepat bagi saya untuk mengomentari pelatih-pelatih tim nasional sebelumnya namun pada prosesnya saya bekerja untuk memastikan pemain-pemain yang saya pilih merupakan yang terbaik untuk tim nasional," tuturnya.

Para penggemar lokal kecewa karena dua nama paling populer, Lionel Messi dan Gonzalo Higuian, tidak ikut ke Singapura di mana Sampaoli mengatakan kedua pemain itu layak mendapatkan masa beristirahat.

"Mereka telah menjalani musim-musim yang panjang dan bermain pada begitu banyak pertandingan, maka kami merasa yang terbaik adalah mencoret mereka untuk pertandingan ini karena akan menimbulkan resiko cedera untuk membawa mereka bermain besok," tambahnya.  
"Namun kami memiliki variasi penyerang-penyerang dan hal itu berarti kami dapat bereksperimen saat melawan Singapura. Kami memiliki begitu banyak pemain menyerang dan saya ingin untuk mengetahui seberapa bagus juga mereka saat bertahan."

"Penting untuk mengetahui bagaimana antusiasme mereka saat berusaha untuk merebut bola ketika kami kehilangan bola. Ini semua mengenai perkembangan ide-ide kami untuk setiap posisi di masa yang akan datang."

Sampaoli juga akan berada di bawah tekanan untuk mengembalikan Argentina ke jalur lolos ke Piala Dunia, saat mereka melakukan pertandingan tandang di markas Uruguay pada 31 Agustus, di mana timnya terpaut satu angka dari empat spot otomatis lolos dengan empat pertandingan tersisa.(H-RF)