Indonesia tambah 17 pemain di Indonesia terbuka

id Indonesia Terbuka, Indonesia open, badminton, bulutangkis, Plenary Hall Jakarta Convention Centre, Super Series Premier, kualifikasi turnamen

Indonesia tambah 17 pemain di Indonesia terbuka

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan - Hendra Setiawan . (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Sebanyak 72 pemain Indonesia bertarung dalam babak kualifikasi turnamen bulu tangkis Indonesia Terbuka 2017 di Plenary Hall Jakarta Convention Centre.

Dari 72 pemain di lima nomor tersebut, Indonesia berhasil menambah sebanyak 17 pemain yang akan berlaga di babak utama turnamen yang berlevel Super Series Premier tersebut yang akan dimulai pada Selasa (13/6) setelah mendapatkan hasil positif dalam babak kualifikasi yang berakhir Senin (12/6) tengah malam.

Dari empat slot yang disediakan di masing-masing lima nomor tersebut, ganda putri menyumbangkan empat pasangan atau delapan nama untuk berlaga di babak utama.

Mereka adalah Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Dian Fitriani/Nadya Melati, Serena Kani/Jauza Fadhila Sugiarto dan Yulfira Barkah/Meirisa Cindy Sahputri.

Agatha/Siti lolos ke babak utama setelah menumbangkan kompatriotnya Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto 21-13, 21-19 di putaran final kualifikasi.

Sementara Dian Fitriani/Nadya Melati sukses melaju ke fase gugur setelah menundukan kompatriotnya Mayrina Lukmanda/Rika Rositawati 21-13, 21-17.

Serena Kani/Jauza Fadhila Sugiarto juga mengikuti dua kompatriotnya untuk lolos ke babak utama Indonesia terbuka, dengan menyudahi perlawanan kompatriotnya Pitha Haningtyas Mentari/Virni Putri 21-14, 21-15.

Sedangkan Yulfira Barkah/Meirisa Cindy Sahputri melaju ke fase gugur setelah menumbangkan Tania Oktaviani Kusumah/Nisak Puji Lestari dalam laga panjang berdurasi satu jam 18 menit 21-10, 24-26, 22-20 di putaran final babak kualifikasi.

Di babak utama, Agatha/Siti akan menantang unggulan enam asal China Luo Ying/Luo Yu, Dian/Nadya akan berhadapan dengan Ashwini Ponnappa/Reddy N. Sikki.

Lalu Serena/Jauza akan berhadapan dengan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, sementara Yilfira/Meirisa akan mencoba peruntungan melawan sesama pasangan Indonesia, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut mahadewi Istarani.

Sementara itu, nomor ganda putra dan campuran masing-masing menyumbangkan tambahan dua pasangan atau empat pemain. Di nomor ganda putra, Calvin Kristanto/Bagas Maulana dan duet Akbar Bintang Cahyono/Giovani Dicky Oktavian berhasil melaju ke babak utama Indonesia Terbuka 2017.

Pasangan Calvin/Bagas berhasil melaju setelah menumbangkan duet Malaysia Jian Yi Lee/Zheng Ting Lim dalam pertarungan rubber gim 16-21, 21-11, 21-8. Sementara Akbar/Giovani mendapatkan tiket babak utama setelah mengalahkan pasangan Inggris Peter Briggs/Tom Wolfenden 21-18, 21-14.

Di babak utama, Calvin/Bagas akan menghadapi pasangan Thailand Bodin Isara/Nipitphon Phuangphuapet, sedangkan Akbar/Giovani akan menantang sesama pasangan Indonesia yang merupakan unggulan delapan turnamen Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi.

Pasangan Irfan Fadhilah/Weni Anggraini dan Fachryza Abimanyu/Bunga Fitriani Romadhini menjadi dua pasangan indonesia yang mendapatkan tiket babak utama Indonesia Terbuka 2017 di nomor ganda campuran.

Irfan/Weni mendapatkan tiket babak utama setelah mengalahkan Tinn Isriyanet/Pacharapun Chochuwong (Thailand) 21-13, 26-24. Sementara Facryza/Bunga lolos ke babak utama setelah menundukan kompatriotnya Amri Syahnawi/Brigita Marcelia Rumambi 21-12, 21-16.

Sementara duet Irfan/Weni akan menantang pasangan India Reddy B. Summeth/Ashwini Ponnappa di babak utama, Fachryza/Bunga akan menantang unggulan tiga turnamen asal China Zhang Nan/Li Yinhui.

Di sektor tunggal, nomor tunggal putri hanya bisa menambah wakil Indonesia di babak utama Indonesia Terbuka 2017 melalui Gregoria Mariska Tunjung yang berhasil menumbangkan Pai Yu Po di putaran final babak kualifikasi.
 
Gregoria berhasil menang dari wakil Taiwan tersebut dalam tempo 40 menit dengan skor 21-17, 21-17.

Di babak utama, Gregoria akan menantang peringkat sembilan dunia Chen Yufei (China) yang berhasil mengalahkannya di Kejuaraan Asia Junior 2016 (event perorangan) 23-25, 14-21.

Adapun di nomor tunggal putra, lima wakil Indonesia harus tersingkir semuanya. Ihsan Maulana Mustofa, Sony Dwi Kuncoro dan Shesar Hiren Rustavito harus tersingkir sejak putaran pertama kualifikasi.

Ihsan yang berpredikat semifinalis Indonesia Terbuka 2016 tunduk dari wakil Hong Kong Wei Nan 15-21, 21-18, 21-13. Sementara, Sony menyerah dari Kazumasa Sakai (Jepang) 21-13, 21-16, sedangkan Shesar menyerah dari kompatriotnya Muhammad Bayu Pangisthu 15-21, 21-9, 21-18.

Bayu yang melaju ke putaran final babak kualifikasi bersama Panji Ahmad Maulana, juga gagal ke babak utama setelah mendapatkan hasil buruk di akhir babak kualifikasi.

Bayu ditumbangkan Chong Wei Feng (Malaysia) 21-11, 21-16, sementara Panji menyerah di tangan wakil Denmark Emil Holst 21-9, 21-17.

Di babak utama, 17 nama tersebut akan berjuang terus melaju di turnamen yang berhadiah total satu juta dolar AS itu bersama nama-nama seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Praveen Jordan/Debby Susanto, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Anthony Sinisuka Ginting, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan lain-lain.