Harga emas turun untuk sesi kelima berturut-turut

id emas, Harga emas, berjangka, COMEX New York, Mercantile Exchange, dolar, ekuitas Amerika Serikat, per ounce, Volume perdagangan, logam mulia

Harga emas turun untuk sesi kelima berturut-turut

Emas berbentuk hewan (Antarasumsel.com/Reuters)

Chicago (Antara/Xinhua) - Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange melanjutkan penurunannya untuk sesi kelima berturut-turut pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena Federal Reserve AS secara luas diperkirakan akan segera menaikkan suku bunga acuannya.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 0,30 dolar AS atau 0,02 persen, menjadi menetap di 1.268,60 dolar AS per ounce.

The Fed memulai pertemuan dua harinya pada Selasa (13/6) waktu setempat. Pengumuman kenaikan suku bunga berikutnya pada Rabu (14/6) diperkirakan oleh banyak investor.

Menurut alat FedWatch CME Group, probabilitas tersirat saat ini untuk kenaikan suku bunga dari 0,75 menjadi 1,0 berada di 95,8 persen pada akhir pertemuan Fed yang dijadwalkan Juni.

Suku bunga yang lebih tinggi negatif untuk emas, karena akan menekan daya tarik logam mulia. Tapi emas berjangka memperkecil sebagian besar kerugian awal mereka pada Selasa (13/6).

Sementara itu, Dow Jones Industrial Average naik 78,53 poin atau 0,37 persen, pada pukul 16.56 GMT. Analis mencatat bahwa ketika nilai ekuitas menguat maka logam mulia biasanya turun.

Perak untuk pengiriman Juli turun 17,7 sen atau 1,04 persen, menjadi ditutup pada 16,767 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli turun 20,3 dolar AS atau 2,15 persen, menjadi ditutup pada 924,2 dolar AS per ounce.