Minggu, 24 September 2017

Dishub Sumsel imbau pemudik waspadai jalur rawan

id Nasrun Umar, macet, jalan, arus mudik, angkutan umum, Dinas Perhubungan, Terminal Alang-alang Lebar
Dishub Sumsel imbau pemudik waspadai jalur rawan
Nasrun Umar (Antarasumsel.com/Feny Selly)
Palembang (Antarasumsel.com) - Dinas Perhubungan Sumatera Selatan mengimbau pemudik lebaran yang menggunakan angkutan umum dan pribadi agar mewaspadai jalur rawan kemacetan dan tanah longsor untuk mencegah terhambatnya perjalanan.

"Dalam wilayah provinsi ini terdapat beberapa titik daerah rawan longsor seperti Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Pagaralam dan Empat Lawang," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumsel Nasrun Umar seusai apel gelar pasukan angkutan Lebaran 2017 di Terminal Alang-alang Lebar KM 12 Palembang, Rabu.

Menurut dia, kewaspadaan tinggi perlu dilakukan selama melakukan perjalanan mudik terutama pada jalur rawan tersebut sehingga dapat tiba di kampung halaman dengan selamat dan sesuai dengan waktu yang diprediksi.

Selain mewaspadai jalur mudik, pihaknya juga berupaya menyiapkan angkutan mudik lebaran yang aman dan nyaman dengan melakukan pemeriksaan secara ketat kondisi kelaikan jalan bus AKDP maupun AKAP serta kondisi kesehatan pengemudinya.

Pemeriksaan kondisi kesehatan pengemudi dan kelaikan jalan bus yang dijadikan angkutan mudik lebaran dilakukan secara ketat untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melakukan perjalanan ke kampung halaman.

Sementara, untuk mengantisipasi gangguan perjalanan mudik dari bencana tanah longsor di wilayah provinsi ini, pihaknya sekarang ini menyiapkan alat berat di sekitar titik daerah yang dinilai rawan longsor menjelang hingga pasca Lebaran Idul Fitri atau mulai 15 Juni hingga 11 Juli 2017, kata Nasrun.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin pada saat apel tersebut mengajak semua pihak baik jajaran Dishub maupun TNI/Polri serta instansi terkait yang terlibat dalam kegiatan pelayanan dan pengamanan mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah ini untuk bekerja sama dengan baik dan menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh.

Dengan kerja sama yang baik dan menjalankan tugas secara sungguh-sungguh diharapkan selama arus mudik dan balik Lebaran 2017 ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginlkan, kata gubernur.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga