Ribuan personel Polda Sumsel disiagakan jalur rawan

id Irjen Pol Agung Budi Marryoto, polisi, polda sumsel, jalur mudik, rawan kejahatan, kemacetan lalu lintas,

Ribuan personel Polda Sumsel disiagakan jalur rawan

Irjen Pol Agung Budi Maryoto. (Antarasumsel.com/Aziz Munajar/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menyiagakan lebih dari 1.000 personel di sepanjang jalur lintas Sumatera dalam provinsi ini yang tergolong rawan tindak kejahatan dan kemacetan lalu lintas pada musim mudik Idulfitri 1438 Hijriah/2017.

Selain jalur mudik, pihaknya juga menyiagakan personel di kawasan pusat keramaian masyarakat seperti di sekitar pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern/mal, kata Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Agung Budi Marryoto, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, seluruh jajaran Polda Sumsel yang tersebar di 17 kabupaten dan kota, sekarang ini terus melakukan berbagai persiapan untuk mengamankan seluruh rangkaian kegiatan menjelang hingga pascaperayaan Idulfitri.

"Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan melakukan persiapan merayakan hari besar keagamaan umat Islam itu dan mudik lebaran di jalan lintas Sumatera wilayah Sumsel ini, pihaknya didukung personel gabungan dari TNI dan instansi terkait lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, personel gabungan yang terlibat dalam operasi kemanusiaan tersebut disiagakan di sejumlah titik rawan dengan mendirikan pos pelayanan masyarakat.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, personel yang disiagakan diminta melakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan fungsi intelijen dan babinkamtibmas di lapangan untuk mengetahui dinamika dan perkembangan situasi di masyarakat.

Dengan adanya aparat keamanan dan instansi terkait di tengah-tengah masyarakat yang sedang memiliki kesibukan dan mobilitas yang tinggi, diharapkan dapat mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di kawasan permukiman penduduk, pasar tradisional, pusat pertokoan, dan jalur mudik lebaran, kata kapolda.