Empat Polda buru napi lapas Jambi

id napi kabur, tahanan, melarikan diri, narapidana, Lapas Kelas II-A Jambi, Brigjen Pol Priyo Widyanto, memburu para napi

Empat Polda buru napi lapas Jambi

Ilustrasi (ANTARA News / Insan Mubarak)

Jambi (Antarasumsel.com) - Empat kepolisian daerah di Pulau Sumatera berkoordinasi untuk memburu dan menangkap puluhan narapidana yang kabur ketika tembok Lapas Kelas II-A Jambi ambruk dilanda banjir pada Rabu dini hari.

Kapolda Jambi, Brigjen Pol Priyo Widyanto, di Jambi Kamis, mengatakan,a telah berkoodinasi dengan tiga Polda terdekat di Sumatera yakni Polda Sumatera Selatan, Riau dan Lampung untuk memburu para napi Lapas Jambi yang kabur ke beberapa daerah.

Sampai saat ini diperkirakan para napi yang kabur tersebut sudah dan sedang menuju ke beberapa daerah atau provinsi tetangga di Sumatera.

Untuk memburu para napi yang masih bersembunyi di wilayah Jambi, Jambi, Polda setempat memerintahkan kepada seluruh anggota di Polsek hinngga Polres untuk secara intensif menggelar razia di masing-masing wilayah perbatasan.

"Minimal kegiatan razia tersebut dapat mempersempit ruang gerak belasan para napi yang akan kabur ke luar kota atau daerah," kata Kapolda, Priyo Widyanto kepada wartawan di Lapas Jambi saat memantau langsung kesiapan personelnya yang mengamankan lapas dan sekitarnya.

Polda Jambi menurunkan sebanyak empat SSK atau Satuan Setingkat Kompi untuk membantu menjaga dan mengejar napi yang kabur dari Lapas Jambi, dan ditambah lagi ada dua SSK anggota TNI yang diperbantuan Korem 042 dan Kodim Batanghari untuk membantu penjagaan di Lapas.

Sementara itu Kepala kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Jambi, Bambang Palasara, mengatakan, berdasarkan pemutakhiran dataa jumlah narapidana atau napi yang kabur ada 43 orang. Dari jumlah itu ada 18 orang napi ditangkap kembali, lima napi menyerahkan diri, dan 20 napi  masih diburu
 
Sedangkan Direktur Keamanan dan Ketertiban Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham, Sutrisman yang baru tiba di Lapas Kelas II-A Jambi, mengimbau kepada masyarakat sekitarnya agar dapat membantu aparat keamanan dan kepolisian bilag mengetahui ada napi atau tahanan berada di lingkungannya.

"Apabila menemukan narapidana yang berkeliaran, masyarakat hendaknya cepat melapor kepada Kepolisian atau TNI dan petugas Lapas Klas II-A Jambi untuk membantu mengamankannya," kata Sutriaman kepada wartawan di Lapas Jambi.