Puskesmas jambi buka 24 jam selama lebaran

id puskesmas, posko lebaran, buka 24 jam, instalasi gawat darurat, Ida Yuliati, Dinas Kesehatan

Puskesmas jambi buka 24 jam selama lebaran

Layanan kesehatan masyarakat (Pusakesmas) (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Jambi (Antarasumsel.com) - Dinas Kesehatan Kota Jambi menyebutkan ada tiga pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di kota itu yang akan buka selama 24 jam untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama liburan Lebaran 2017.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi Ida Yuliati di Jambi, Jumat, menyebutkan nama tiga puskesmas yang buka selama 24 jam itu, yakni Puskesmas Pakuan Baru, Olak Kemang, dan Putri Ayu yang memiliki layanan rawat inap dan instalasi gawat darurat (IGD).

Menurut dia, pada masa libur Lebaran di tiga puskesmas itu tidak ada cuti untuk para perawat dan tenaga medis, termasuk dokter di puskesmas dan juga di RSUD Abdul Manap Kota Jambi yang merupakan rumah sakit milik pemerintah kota itu.

"Tidak ada cuti. Kami menerapkan sistem bergiliran sehingga pelayanan kesehatan masyarakat tidak akan terganggu selama liburan Lebaran," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menjamin ketersediaan obat-obatan dan juga mobil ambulans yang siap sedia bersama sopir dan tenaga medisnya.

"Pasien yang sifatnya gawat darurat dan harus dibawa ke rumah sakit sudah kami sediakan ambulans. Masyarakat yang membutuhkan ambulans dapat menghubungi nomor 119," katanya.

Pada hari keempat setelah Lebaran dan seterusnya, lanjut Ida, ada 20 puskesmas yang akan buka. Namun, sifatnya jaga dan "standby" melayani masyarakat.

"Silakan masyarakat yang mau berobat selama liburan Lebaran," ucapnya.

Selanjutnya, pada tanggal 3 Juli 2017, semua puskesmas yang ada di Kota Jambi buka kembali.