Masjid Jabal Rahmah kembali selenggarakan iktikaf Ramadhan

id itikaf, Masjid Jabal Rahmah, agenda rutin, akhir Ramadhan, Nur Hasan

Masjid Jabal Rahmah kembali selenggarakan iktikaf Ramadhan

(FOTO ANTARA)

Padang (Antarasumsel.com) - Memasuki 10 hari terakhir Ramadhan 1438 Hijriah  Masjid Jabal Rahmah Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan Padang, Sumatera Barat  kembali menyelenggarakan kegiatan iktikaf sebagai salah satu agenda rutin diakhir Ramadhan.

"Iktikaf dilaksanakan setiap hari selama 10 hari terakhir yang  diikuti oleh  masyarakat umum, pada pelaksanaan perdana Kamis malam (16/6) diikuti sekitar 500 peserta," kata Manajer Masjid Jabal Rahmah, Nur Hasan di Padang, Jumat.

Ia menjelaskan iktikaf merupakan aktivitas berdiam diri di dalam masjid  yang diisi dengan kegiatan berzikir, membaca Al Quran dan ibadah lainnya  pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

"Biasanya peserta lebih banyak pada malam ganjil seperti  malam ke-21, ke-23, ke-27 dan ke-29 Ramadhan karena diyakini pada saat itu peluang malam Lailatul Qadar lebih besar," tambahnya.

Ia memaparkan rangkaian kegiatan Iktikaf  akan dimulai setelah shalat Tarawih dengan  ceramah, dilanjutkan dengan tadarus Al Quran, Qiyamul Lail atau shalat malam, serta ditutup dengan sahur bersama, lanjutnya.

Setelah mendengarkan ceramah para peserta memilih melakukan aktivitas pribadi  membaca Al Quran  dan shalat sunah hingga pukul 24.00 WIB.

Kemudian pada pukul 03.00 WIB peserta dibangunkan untuk melaksanakan Shalat Tahajud yang dipimpin seorang imam diakhiri dengan Shalat Witir.

Bagi  masyarakat yang hendak ikut cukup mempersiapkan perlengkapan pribadi dan untuk sahur sudah disediakan oleh panitia secara gratis dengan syarat telah mendaftar kepada panitia, sebutnya.

Ia mengatakan  kapasitas masjid cukup untuk menampung hingga 1.000 jamaah dan panitia juga sudah mempersiapkan sahur  sebanyak 500 porsi yang  dibiayai dari infak dan donatur.

Iktikaf juga dapat diikuti oleh perempuan karena untuk tempatnya sudah disediakan terpisah di lantai dua sehingga dapat lebih nyaman, ujar dia.

Sementara, Agus  salah seorang peserta Iktikaf mengaku  sudah rutin melaksanakan Iktikaf di Masjid Jabal Rahmah sejak 2006.

"Selain masjidnya bersih, bacaan imam dalam shalat bagus dan suasananya kondusif," ujar dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun sejumlah masjid juga menggelar iktikaf di Padang antara lain Masjid Jabal Rahmah  komplek Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Jalan Bypass Kilometer 20, Masjid Al Hakim Kompleks AKBP Simpang Tinju, Gunung Pangilun Nanggalo.

Kemudian  Masjid Raya Ampang jalan Raya Ampang Alai, Masjid Ar Rahman Komplek SDIT Adzkia jalan  Taratak Paneh Kuranji, Mushalla Ar Rahmah Adzkia jalan  Taratak, Masjid Jihad Jalan Perak II, Sudirman dan  Masjid Agung Nurul Iman Jalan Imam Bonjol.