Kamis, 19 Oktober 2017

Harga bawang putih kembali normal

id bawang putih, harga bawang, perdangan, pasar tradisional, dinas perdagangan
Harga bawang putih kembali normal
Bawang Putih (Antarasumsel.com)
Palembang (Antarasumsel.com) - Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang sudah kembali normal di kisaran Rp38.000---Rp35.000/kg, setelah sempat menyentuh Rp70.000/kg pada awal Ramadhan.

Amin, pedagang bumbu dapur di Pasar Perumnas Palembang, Sabtu mengatakan, sejak dua hari terakhir ia telah menjual dengan harga Rp38.000/kg.

"Harga sudah murah dari agen, jadi kami bisa turunkan. Pekan lalu saya masih jual Rp50.000/kg," kata Amin.

Senada, Johan, pedagang di Pasar KM.5 Palembang juga menurunkan harga.

"Stok lama sudah habis, jadi saya sudah jual dengan harga yang baru yakni Rp38 ribu/kg. Bawang putih memang sudah turun dari agen," kata Johan.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan Agus Yudiantoro mengatakan sejak awal Ramadhan dilakukan upaya penstabilan harga bawang putih.

Pemprov beserta Bulog Divre Sumsel dan Babel setidaknya telah memasok 7 ton bawang putih pada pekan pertama Ramadhan, dan ditambah lagi 10 ton pada pekan berikutnya.

"Upaya ini ternyata telah membuahkan hasil, saat ini harga bawang putih sudah normal di kisaran Rp38.000/kg," kata dia.

Ia mengatakan, lonjakan harga bawang putih sebelumnya disebabkan berkurangnya pasokan dari luar negeri. Seperti diketahui, Indonesia mengimpor sekitar 99,25 persen kebutuhan dari Tiongkok yang masuk melalui tiga pintu perdagangan yakni Surabaya, Medan dan Jakarta.

Sumatera Selatan dikenal termasuk daerah yang cukup tinggi mengkonsumsi bawang putih, mengingat daerah ini memiliki panganan khas yakni empek-empek yang penyajiannya disertai cuka. Cuka terbuat dari air gula merah, bawang putih, dan cabai rawit.

"Apalagi mau Lebaran, biasanya empek-empek ini disajikan, sehingga banyak memerlukan bawang putih," kata Agus.***3***

(T.D019/B/M033/M033) 17-06-2017 08:56:35

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga