Hari kopi internasional angkat kopi lampung

id kopi, hari kopi internasional, Muhammad Ridho Ficardo, martabat kopi Lampung, konten pariwisata

Hari kopi internasional angkat kopi lampung

Kopi robusta lampung (Ist)

Bandarlampung (Antara) - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengajak semua pihak untuk menjadikan Perayaan Hari Kopi Internasional (Internasional Cofee Day) 1 Oktober 2017 yang dipusatkan di Lampung sebagai momen mengangkat harkat dan martabat kopi Lampung.

"Kerja sama semua pihak, bakal berefek bagi kesejahteraan petani kopi Lampung," kata dia, di Bandarlampung, Sabtu.

Menurutnya, kopi Lampung harus punya ciri khas dan daya tarik. Dengan branding yang tepat, diharapkan dapat meningkatkan permintaan kopi Lampung di kalangan generasi muda.

Selain itu, kopi dapat pula dijadikan sebagai salah satu konten pariwisata Lampung, sebagai upaya menyejahterakan petani kopi dan mengajak masyarakat cinta kopi dalam negeri khususnya kopi robusta Lampung.

Ketua Gabungan Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI) Hutama Sughandi menyampaikan apresiasi terhadap Gubernur Lampung yang peduli atas kemajuan kopi Lampung.

Ia mengakui kopi Lampung merupakan salah satu campuran terbaik di dunia untuk menghasilkan kopi espreso dengan cita rasa terbaik.

"Kopi Lampung memiliki karakteristik dan ciri khas yang unik, memiliki aroma khas, karena dibudidayakan di atas tanah pertanian yang subur," kata Hutama.

Peringatan Hari Kopi Internasional, menurut Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung, Toni L. Tobing diisi dengan beberapa kegiatan seperti seminar kopi robusta, pemutaran film dokumentasi kopi, wisata kopi, dan praktik budi daya kopi robusta, kemudian, bantuan bibit dan alat untuk petani kopi.

Selain itu, pameran produk kopi, pagelaran busana dan tari, lomba cup test, lomba barista, lomba kuliner berbahan kopi robusta, dan minum kopi gratis.

"Even berskala internasional ini mempunyai andil  penting dalam upaya memperkenalkan kopi Lampung," ujar Toni.

Ketua GAEKI Lampung, Anton Firmansyah, menyatakan siap mendukung upaya Provinsi Lampung menyukseskan Hari Kopi Internasional.

"GAEKI akan bersinergitas dengan Dinas Perindustrian dan Dinas Peternakan dan Perkebunan untuk mengedukasi petani Lampung agar dapat mengintensifkan lahan perkebunan kopi rakyat. Ini akan meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi Lampung," tambah Anton.