Air putih hangat rahasia bugar Menhub Budi

id Budi Karya Sumadi, Mengonsumsi air putih, air putih hangat, segar dan buga

Air putih hangat rahasia bugar Menhub Budi

Budi Karya Sumadi (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pesawat Hawker 900XPn (Antarasumsel.com) - Mengonsumsi air putih hangat merupakan hal yang tidak pernah dilewatkan setiap harinya oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sekaligus menjadi rahasia agar tubuhnya tetap segar dan bugar dalam menjalankan aktivitasnya.

"Banyak minum air putih dan hangat karena menurut cerita kalau hangat itu sesuai dengan suhu tubuh," ujarnya dalam pesawat Hawker 900XP milik Kementerian Perhubungan saat perjalanan dari Balikpapan menuju Makassar, Sabtu.

Dengan suhu yang hangat, menurut Budi, dipercaya bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain air putih hangat, Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu juga sering kali mengonsumsi madu di pagi hari. "Sesekali mengonsumsi vitamin dan madu di pagi hari," katanya.

Ia juga menyeimbangkannya dengan berolahraga selama tiga hingga empat kali seminggu.

Olahraga favoritnya saat ini adalah tenis meja yang dilakukan di rumah bersama pelatih pribadi.

"Kita panggil pelatih biar semangat, kalau dia 'smash', kita 'smash' balik, jadi keringetan lebih banyak," katanya.

Dalam momentum bulan puasa ini, Budi mengaku tidak memiliki tips khusus untuk menjaga kebugaran.

"Di usia seperti saya ini, ya makan secukupnya berhenti sebelum kenyang dan makan ketika lapar, itu filosofinya," katanya.

Menhub Budi merupakan salah satu menteri yang aktivitasnya padat dan dikenal jarang libur di akhir pekan.

Ia mengungkapkan transportasi merupakan kebutuhan dasar masyarakat, sehingga masih banyak yang harus dibenahi.

"Harus ada di 'mind set' kita bahwa perhubungan adalah kebutuhan mendasar. Indonesia ini luas, sarana dan prasarana transportasinya belum maksimal. Bagaimana mau membangkitkan semangat kalau saya hanya teriak-teriak dan enggak kasih contoh," katanya.

Kendati demikian, ia juga menyempatkan waktunya dengan keluarga di sela kesibukannya dengan makan dan berbelanja bersama.

"Dari dua hari 'weekend' itu, saya pilih satu hari bekerja satu hari bersama keluarga.  Simpel saja, makan bersama atau ke mini market bersama," katanya.

Dalam satu hari ini Sabtu (17/6), Menhub meninjau tiga lokasi sekaligus yaitu Balikpapan, Makassar dan Banyuwangi untuk mengecek kesiapan Lebaran 2017.