Bulog tunggu panen kedua serap beras petani

id Bakhtiar AS, bulog, panen padi, pengadaan beras

Bulog tunggu panen kedua serap beras petani

Kadivre Perum Bulog Sumsel dan Babel, Bakhtiar AS (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Selatan dan Bangka Belitung menunggu panen musim kedua untuk penyerapan pengadaan beras karena sekarang panen sudah berakhir.

Kepala Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Bakhtiar AS, di Palembang, Senin, menyampaikan mengenai penyerapan untuk pengadaan beras tahun 2017.

Menurut dia, untuk penyerapan pengadaan beras sampai hari ini sedikit menghadapi kesulitan karena panen pertama sudah berakhir.

"Karena itu, kami hanya bisa menunggu panen musim kedua dan memang Bulog sekarang ini fokus pada kualitas beras," katanya pula.

Ia menyatakan, untuk target pengadaan fokus pada kualitas artinya harga yang ditetapkan sudah di atas rata-rata inpres sehingga serapannya tidak semaksimal saat harganya masih rendah.

"Untuk pengadaan beras tahun ini baru terserap sekitar 24 ribu ton, karena itu kami berharap adanya musim panen kedua nantinya," ujarnya lagi.

Dia berharap, pada musim panen kedua nanti hasilnya diharapkan lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya, dan Bulog masih punya peluang untuk menyerap beras petani paling tidak sama dengan sekarang.

Target penyerapan pengadaan beras pada tahun ini sebanyak 120 ribu ton.

Ia menyampaikan, secara nasional stok beras mencukupi untuk kebutuhan penyaluran selama satu tahun, dan stok yang ada di Bulog Divre Sumsel dan Babel sekarang ini 43 ribu ton.

Stok yang ada di gudang Bulog Divre Sumsel dan Babel tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan sekitar 6-7 bulan ke depan, katanya pula.