Celtics dan 76ers sepakat tukar hak pilihan pemain

id Celtics, basket, Philadelphia 76ers, NBA, Boston, Mrkelle Fultz, Isaiah Thomas

Celtics dan 76ers sepakat tukar hak pilihan pemain

LUSTRASI- Pertandingan Bola Basket (ANTARA)

Washington (Antara/The Sports Xchange) - Boston Celtics dan Philadelphia 76ers meresmikan persetujuan "trade" mereka pada Senin, kesepakatan yang akan membuat kedua tim bertukar hak pemilihan pemain nomor satu dan tiga pada "Draft" NBA Kamis malam.

76ers mendapatkan hak untuk memilih pemain teratas secara keseluruhan dari Boston yang ditukar dengan seleksi nomor tiga mereka dan pilihan putaran pertama untuk masa yang akan datang, menurut pernyataan yang dirilis oleh kedua tim.

Celtics dan 76ers telah menyepakati parameter kesepakatan itu pada Sabtu malam setelah Philadelphia melakukan latihan dengan point guard Mrkelle Fultz, yang akan menjadi pemain pilihan pertama secara keseluruhan dalam sejarah klub itu oleh 76ers pada Kamis malam di Barclays Center di Brooklyn, New York.

"Kami sangat senang dengan hasil "trade" ini, yang membawa kami pada posisi yang patut ditiru dalam pemilihan pertama secara keseluruhan pada "draft" tahun-tahun mendatang," kata presiden operasi bola basket Philadelphia Bryan Colangelo.
    
"Sejarah mengindikasikan bahwa pemilihan nomor satu merupakan tantangan terbesar dalam menciptakan talenta level klub dan kami percaya diri bahwa kelas "draft" tahun ini sangat potensial. Kamis malam akan membuat kami melakukan langkah signifikan lainnya dalam membangun program bola basket yang sukses dan berkelanjutan."

Boston, dengan pencetak angka terbanyak Isaiah Thomas telah mengawal posisi point guard, senang dapat turun dua spot dan menerima apa yang mereka harapkan sebagai pemilihan putaran pertama yang tinggi pada 2018 atau 2019.

"Kami senang untuk dapat memilih apa yang kami harapkan menjadi pemain berpengaruh dengan pemilihan ketiga pada kelas draft tahun ini yang sangat bertalenta, sambil juga menambahi aset bernilai tinggi di masa yang akan datang ketika kami terus membangun menuju Banner 18," kata presiden operasi bola basket Celtics Danny Ainge.

Boston akan menerima pilihan putaran pertama 2018 dari Los Angeles Lakers -- jika pemilihan itu jatuh antara wilayah nomor satu dan nomor lima. Sementara itu, Celtics akan dapat memilih para pemain putaran pertama pada 2019 -- entah dari Sacramento atau Philadelphia, yang memiliki pilihan lebih tinggi

Philadelphia akan memasangkan Markelle Fultz, point guard pencetak angka terbanyak asal University of Washington, dengan Ben Simmons, pemain pilihan pertama nomor satu tahun lalu yang absen pada seluruh musim karena cedera kaki.

Pada satu-satunya musimnya di Washington, Fultz mencatatkan rata-rata 23,2 angka dan 5,9 assist. Ia memiliki persentase tembakan 47,6 persen, rata-rata bersamaan dengan 5,9 assist, 5,7 rebound, dan 1,6 steal dalam 25 pertandingan pada musim pertamanya sebagai pemain baru dengan "The Huskies," yang mencatatkan rekor 9-22.
    
Sementara itu, Boston dapat berpotensi memiliki hak-hak draft mereka untuk tujuh pilihan putaran pertama pada tiga musim mendatang.

Celtics telah dikait-kaitkan dengan Josh Jackson asal Kansas atau Jayson Tatum asal Duke di posisi nomor tiga, meski sejumlah media melaporkan bahwa tim akan ingin memastikan kesepakatan ini.

Lonzo Ball asal UCLA diperkirakan akan menjadi pilihan kedua untuk Lakers, meski tim-tim belum mencapai kata sepakat. Ball melakukan latihan kedua untuk Lakers pada Jumat.(H-RF)