Menkes tinjau posko kesehatan Pelabuhan Merak

id Nila F Moeloek, Menteri Kesehatan, posko kesehatan, pemudik lebaran, Pelabuhan Merak, Banten

Menkes tinjau posko kesehatan Pelabuhan Merak

Nila Djuwita F. Moeloek (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Merak (Antarasumsel.com) - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meninjau  persiapan dan pengecekan fasilitas posko kesehatan di Pelabuhan Merak, Banten.

"Kami berharap posko kesehatan itu dapat dimanfaatkan oleh pemudik lebaran," kata Menkes Nila F Moeloek di Merak, Selasa.

Pelabuhan Merak masuk pelabuhan tersibuk di Indonesia.    Apalagi, Lebaran sudah mendekati sehingga  dipastikan akan terjadi lonjakan penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan.

Selain itu juga lalu lintasnya cukup banyak dan terlihat ASDP Merak mengoperasikan enam dermaga dan 58 serta 32 operasional.

Karena itu, Pelabuhan Merak harus dilengkapi sarana fasilitas kesehatan untuk melayani pemudik bertujuan Pulau Sumatra.

Para pemudik lebaran menempuh perjalanan jauh dan kerapkali merasa kelelahan dan kecapaian sehingga menimbulkan gangguan kesehatan.

Melalui posko fasilitas kesehatan itu diharapkan para pemudik dapat memanfaatkan posko kesehatan trersebut secara gratis.

Posko kesehatan itu akan dilakukan pemeriksaan kesehatan juga diberikan pengobatan oleh petugas medis.

"Kami berharap fasilitas kesehatan itu bisa melayani masyarakat sehingga parea pemudik selamat sampai tujuan," kata Menteri Kesehatan.

Menkes juga meninjau kantor PT ASDP cabang Merak dan melihat fasilitas layar monitor yang tersambung CCTV di enam dermaga dan tol gate Pelabuhan Merak.

Setelah itu, Menkes langsung mengecek kesiapan dan ketersediaan obat-obatan serta alat kesehatan di posko kesehatan di Dermaga VI.

Bahkan, Menkes juga meninjau toilet portabel yang berada di dermaga enam tersebut.

Dalam kunjungan itu Menkes didampingi Dirjen Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo dan Kepala Pusat Krisis Kesehatan Achmad Yurianto.

"Kita melihat secara langsung fasilitas posko kesehatan Pelabuhan Merak cukup baik untuk memberikan pelayanan kepada pemudik lebaran," ujarnya.