Polres Musi Banyuasin antisipasi kerawanan lalu lintas

id polisi, Polres Musi Banyuasin, arus mudik, jalur mudik, lebaran, AKBP Rahmat Hakim

Polres Musi Banyuasin antisipasi kerawanan lalu lintas

(Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Musi Banyuasin, Sumsel (Antarasumsel.com) - Polres Musi Banyuasin, Sumatera Selatan melakukan koordinasi lintas sektoral untuk mengantisipasi kerawanan lalu lintas pada arus mudik dan balik Lebaran 2017.

"Kerawanan lalu lintas akibat terjadi peningkatan jumlah kendaraan di jalan pada saat arus mudik dan balik Idul Fitri perlu dilakukan berbagai tindakan antisipasi sehingga dapat dihindari tingginya angka kecelakaan lalu lintas serta jumlah korban jiwa," kata Kapolres Musi Banyuasin AKBP Rahmat Hakim, di Sekayu, Selasa.

Selain kerawanan lalu lintas, pihaknya juga berupaya mengantisipasi kerawanan kriminalitas seperti ancaman terorisme, perkelahian antarkampung, minuman keras, pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, dan narkoba.

Untuk mengantisipasi kerawanan lalu lintas dan kriminalitas itu, pihaknya menggelar operasi khusus kepolisian dengan sandi Operasi Ramadan dan Hari Raya atau "Operasi Ramadniya 2017".

Operasi Ramadniya merupakan operasi kemanusiaan yang melibatkan semua sektor, baik Polri/TNI, Polisi Pamong Praja (Pol PP) maupun instansi terkait dengan jumlah personel 108 orang.

"Dengan mendapat dukungan Pemkab Musi Banyuasin dan masyarakat, pelaksanaan Operasi Ramadniya 2017 yang dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 19 Juni hingga 4 Juli 2017 diharapkan bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Sementara sebelumnya Asisten II Setda Musi Banyuasin Sulaiman Zakaria menjelaskan bahwa pihaknya siap mendukung pelaksanaan Operasi Ramadniya 2017.

Satpol PP dan instansi terkait jajaran Pemkab yang terlibat dalam operasi tersebut akan didorong melaksanakan tugas secara maksimal, sehingga masyarakat dapat melaksanakan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri dengan tenang, aman, dan nyaman, katanya.