FIFA peringatkan Meksiko terkait ulah para penggemarnya

id fifa, Meksiko, pesepakbola, suporter, yel-yel, melecehkan, diskriminatif

FIFA peringatkan Meksiko terkait ulah para penggemarnya

FIFA. (Antarasumsel.com/REUTERS/Arnd Wiegmann)

Moskow (Antara/Reuters) - Badan sepak bola dunia FIFA mengatakan pada Selasa bahwa pihaknya memberi peringatan kepada Meksiko perihal yel-yel "melecehkan dan diskriminatif" pada pertandingan pertama mereka di Piala Konfederasi di Rusia.

Insiden itu terjadi pada Minggu saat Meksiko bermain imbang 2-2 dengan Portugal di Kazan, demikian pernyataan FIFA, hanya beberapa hari setelah mereka mengumumkan pendekatan-pendekatan yang lebih tegas untuk mengatur tingkah laku para penggemar di turnamen, termasuk mengizinkan wasit untuk menghentikan pertandingan.

FIFA mengatakan ketua komite disiplin mereka, Anin Yeboah, telah memperingatkan "Federasi Sepak Bola Meksiko untuk sikap yang tidak pantas dari sekelompok kecil penggemar terkait dengan yel-yel melecehkan dan diskriminatif" dan mengatakan pihaknya dapat mengambil tindakan lebih jauh seandainya terdapat insiden serupa.

Mereka tidak memberi detail-detail mengenai tindakan apa yang dapat diambil.

FIFA telah mendenda Meksiko karena yel-yel homofobia para penggemar mereka pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018.    

Pada tahun lalu para penggemar Meksiko meluncurkan kampanye mereka menentang ejekan-ejekan homofobia sepanjang pertandingan.

Meksiko akan berhadapan dengan Selandia Baru di Sochi pada pertandingan kedua mereka di Piala Konfederasi.(H-RF)