Jumat, 22 September 2017

PDAM target distribusi air 24 jam

id air, pdam, distribusi air bersih, PDAM Tirta Musi, Cik Mit
PDAM target distribusi air 24 jam
Instalasi pengelolaan air PDAM Tirta Musi (Foto Antarasumsel.com)
Palembang (Antarasumsel.com) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi Palembang menargetkan distribusi air bersih selama 24 jam untuk mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018.

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Cik Mit di Palembang, Rabu, mengatakan, target ini dicapai melalui pembangunan WTP (Water Tradement Plan) di Kecamatan Gandus dan Kecamatan Seberang Ulu (SU).

"Pembangunan Intake jaringan instalasi baru ini untuk menambah produksi air bersih dan memperluas pelayanan PDAM di kawasan Gandus dan Seberang Ulu setidaknya akan ada penambahan 160.000 pelanggan baru," kata dia.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi, Palembang, menjamin ketersediaan air bersih saat pelaksanaan Asian Games ke-18 tahun 2018.

Direktur Operasional dan Pemasaran PDAM Tirta Musi Andy Wijaya menambahkan perusahaannya telah merencanakan pembangunan infrastruktur baru dengan menggunakan dana APBN dan APBD untuk mencapai target penyediaan air bersih 1200 liter/per detik di kawasan Seberang Ulu Palembang.

Kawasan ini tempat berada Kompleks Olahraga Jakabaring yang terdiri atas 18 arena olahraga bertaraf internasional.

"Selain penambahan infrastruktur, pada saat Asian Games nanti, keandalan penyaluran air bersih juga akan didukung dengan keberadaan tangki penampungan di tiap-tiap venue," kata Andy.

PDAM Tirta Musi merencanakan membangun instalasi pengolahan air minum (ipa) Ogan II dengan kemampuan 500 liter/detik yang lokasi berdampingan dengan ipa Ogan I.

Sedangkan ipa Ogan I akan ditingkatkan kapasitasnya dari 800 liter/detik menjadi 1200 liter/detik.

Kemudian, untuk mendukung kebutuhan air baku di dua ipa ini akan dibangun intake berkapasitas 1200 liter/detik yang pembiayaannya bersumber dari APBN.

"Pembangunan infrastruktur di ipa Ogan ini tak lain untuk mendukung dan menjaga keandalan penyediaan air bersih di kawasan Seberang Ulu, yakni tempat beradanya Kompleks Olahraga Jakabaring," kata Andy.

Ia mengatakan kawasan seberang ilir juga tidak luput dari pembangunan infrastruktur air bersih mengingat menjadi lokasi beberapa hotel berbintang.

Terkait ini, PDAM Tirta Musi akan membangun ipa Gandus di kawasan Pulokerto dengan kapasitas 700 liter/detik.

Pembangunan dan peningkatan kapasitas ipa ini juga untuk mengimbangi pertumbuhan pelanggan 11 persen per tahun.

"Khusus untuk ipa Gandus ini, PDAM menggunakan uang dari pinjaman bank tapi untuk bunga komersialnya dibayarkan pemerintah sesuai dengan Perpres 29 tahun 2009," kata dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga