Daniel Day Lewis pensiun dari dunia seni peran

id Daniel Day-Lewis, pensiun, seni peran, aktor, penerima oskar, hollywood

Los Angeles (Antara/Reuters) - Peraih tiga penghargaan Oscar, Daniel Day-Lewis, menyatakan pensiun dari dunia seni peran, kata juru bicaranya pada Selasa, mengakhiri karirnya, yang mencakup film "Lincoln" dan "Gangs of New York".

Day-Lewis, 60, satu-satunya aktor pemenang tiga penghargaan Oscar kategori aktor terbaik, tidak memberikan alasan untuk keputusannya dan menyebutnya sebagai alasan pribadi.

"Daniel Day-Lewis tidak akan lagi bekerja sebagai aktor," kata juru bicaranya, Leslee Dart, dalam pernyataan, "Dia sangat berterima kasih kepada semua yang bekerja sama dan khalayaknya selama bertahun-tahun," katanya.

Pernyataan tersebut mengatakan tidak akan ada tanggapan lebih lanjut.

Dia memiliki satu lagi film yang akan diluncurkan, yaitu "Phantom Thread", yang berkisah tentang dunia adi busana tahun 1950-an di London dan akan diluncurkan pada bulan Desember.

Day-Lewis, yang lahir di Inggris dan memegang kewarganegaraan ganda Inggris dan Irlandia, mendapatkan Oscar pada kategori aktor terbaik untuk ketiga kalinya pada 2013 atas perannya sebagai Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln di "Lincoln."
Kemenangannya membuatnya menjadi orang pertama yang mendapat tiga penghargaan Oscar kategori aktor terbaik dalam sejarah Academy Awards.

Dia sebelumnya memenani penghargaan Academy Awards atas perannya sebagai penulis Irlandia lumpuh di "My Left Foot" (1989) dan seorang pengusaha minyak serakah pada awal abad 20 di "There Will Be Blood" (2007).

Aktor bertubuh tinggi, cerdas dan rendah hati itu dikenal sangat hati-hati dalam memilih peran dan melakukan istirahat panjang di sela-sela film.

Pada akhir 1990-an, ia mengambil cuti dari seni peran untuk bekerja magang sebagai pembuat sepatu di Italia. Setelah meraih Oscar tahun 2013 untuk film "Lincoln," Sunday Times di London melaporkan bahwa dia berencana untuk cuti di ladangnya di Irlandia.

Day-Lewis dikenal karena persiapannya yang cermat. Untuk
"Lincoln," dia menghabiskan waktu berbulan-bulan meneliti sikap politik dan kehidupan pribadi Lincoln dan, sebelum pengambilan gambar dimulai, dia mengirim pesan singkat kepada istrinya di layar kaca, Sally Field, dengan abad ke-19 vernakular.

Dalam "For My Left Foot",  dia menghabiskan beberapa minggu tinggal di kursi roda dan saat pengambilan gambar "Gangs of New York", dia dikenal acap mengasah pisau di sela-sela pengambilan gambar untuk menangkap Karakter Bill "The Butcher" Cutting.

Day-Lewis memiliki tiga anak dan menikah dengan penulis dan sutradara Rebecca Miller.