JK lima kali buka puasa bersama keluarga

id Jusuf Kalla, wapres, buka puasa bersama, keluarga

JK lima kali buka puasa bersama keluarga

Jusuf Kalla. (ANTARA/Indrianto Eko Suwarso/Ag)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan curahan hatinya jika dirinya baru berbuka puasa bersama keluarga, sebanyak lima kali selama 27 hari Ramadhan 1438 H.

"Selalu saya katakan bahwa kita tiap hari selama Ramadhan lebih banyak 'habluminnallah', tapi seperti saya katakan tadi selama Ramadan 27 hari saya hitung-hitung baru lima hari saya buka puasa di rumah," kata Kalla di Istana Wakil Presiden, di hadapan pengurus pusat Palang Merah Indonesia (PMI) dan awak media di Jakarta, Rabu.

Meskipun baru lima kali berbuka  puasa bersama keluarga karena padatnya undangan maupun jamuan berbuka bersama, Wapres mengaku tetap gembira karena dapat bersilaturahmi dengan berbagai kalangan dan dalam beberapa kesempatan bertemu senior-seniornya.

"Saya katakan kepada Presiden Jokowi, sebenarnya buka bersama di luar terus kita berhemat karena dapur kita jarang mengepul, tapi buka puasa bersama itu arisan juga sebenarnya kita diundang, tapi mengundang juga, jadi adil," kata dia.

Pada kesempatan itu Kalla mengimbau agar  sisa Bulan Ramadhan yang tinggal tiga hari ini, dimanfaatkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan shalat tarawih dan shalat malam, serta menjalin silaturahmi dengan sesama.

"Kehidupan toleransi tetap dibutuhkan, kita tidak bisa hidup berbangsa dan bernegara tanpa toleransi, tanpa penghormatan satu dengan lainnya," kata dia.

Wapres pun berharap tidak ada lagi jadwal atau undangan buka bersama di hari-hari terakhir Ramadhan agar dapat berkumpul bersama keluarga.

"Bagi saya, Ramadhan ini, buka puasa bersama terakhir saya yang mengundang, semoga besok Jumat tidak ada yang mengundang lagi supaya bisa buka bersama keluarga," kata dia.